Berita Nasional

Penjelasan Kemenkumham Soal Sanksi & Kronologi Video Kekerasan di Lapas Nusakambangan, Viral!

Penjelasan Kemenkumham Soal Sanksi & Kronologi Video Kekerasan di Lapas Nusakambangan, Viral!

Penjelasan Kemenkumham Soal Sanksi & Kronologi Video Kekerasan di Lapas Nusakambangan, Viral!
(AFP PHOTO / DIDA NUSWANTARA)
Polisi memperketat penjagaan di Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, sejak Jumat (16/1/2015) menjelang eksekusi mati sejumlah terpidana narkotika pada Minggu (18/1/2015) pukul 00.00 WIB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penjelasan Kemenkumham Soal Sanksi & Kronologi Video Kekerasan di Lapas Nusakambangan, Viral!

Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham) mencopot jabatan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, berinisial HM.

Hal itu sebagai buntut atas viralnya video kekerasan yang memperlihatkan tindak kekerasan oleh petugas pada saat pemindahan narapidana ( napi) kasus narkotika dari sejumlah Lapas di Bali ke Nusakambangan, Kamis (28/4/2019) lalu

Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Ade Kusmanto mengatakan, tindakan yang dilakukan para petugas lapas sesuai prosedur dan bertentangan dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Baca: Lima Zodiak Paling Pengertian pada Pasangan, Suka Maupun Duka, Ada Cancer, Tak Ada Pisces dan Aries?

Baca: Fakta Sosok Nabila Abdullah Rahim Bayan, Juri Hafiz Indonesia 2019 di RCTI, Hafal 30 Juz Alquran

Baca: 50 Ucapan Selamat Datang Bulan Ramadhan 1440 H/2019 Bisa Dibagikan Via WA IG FB atau Twitter

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Jawapos TV & INews TV PSM Makassar vs Bhayangkara FC Piala Indonesia

"Tindakan tersebut tidak sesuai prosedur dan bertentangan dengan undang-undang yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia," katanya melalui keterangan tertulis, Jum'at (3/5/2019).

Ade mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Kalapas Narkotika dan 13 petugas lapas yang terlibat dalam proses pemindahan napi tersebut.

"Saat ini Kalapas Narkotika Nusakambangan berinisial HM telah dinonaktifkan dari jabatannya. Posisinya digantikan pelaksana harian dari Kepala Bidang Pembinaan Lapas Batu Nusakambangan Irman Jaya," terang Ade.

Dua orang pengunjung menuruni tangga menuju Lapas Batu Nusakambangan. Kejaksaan Agung menetapkan Nusakambangan sebagai lokasi eksekusi terpidana mati.
Dua orang pengunjung menuruni tangga menuju Lapas Batu Nusakambangan. Kejaksaan Agung menetapkan Nusakambangan sebagai lokasi eksekusi terpidana mati. (TRIBUN JABAR/KISDIANTORO)

Kronologi Kekerasan Versi Kemenkumham

Sejak beberapa hari terakhir, beredar video di media sosial yang menggambarkan tindak kekerasan oleh para petugas saat proses pemindahan narapidana ( napi) ke Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham ( Kemenkumham) Ade Kusmanto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Kamis (28/4/2019) saat pemindahan 26 napi narkotika dari sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bali menuju Lapas Nusakambangan.

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved