Berita Kabupaten Banjar

Terapkan Perda Ramadan, Satpol PP Banjar Giatkan Patroli Siang Hari Menyasar Tempat ini

Satpol PP Kabupaten Banjar pun kembali menggiatkan patroli siang dan malam hari, untuk siang hari dengan sasaran warung-warung yang buka sebelum

Terapkan Perda Ramadan, Satpol PP Banjar Giatkan Patroli Siang Hari Menyasar Tempat ini
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Dalam rangka menegakkan Perda Ramadan No 5/2004 Satpol PP Banjar berpatroli di kawasan Kota Martapura, Selasa (8/6/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Memasuki Ramadan, Kabupaten Banjar yang dikenal agamis kembali mengintensifkan Perda Ramadan.

Satpol PP Kabupaten Banjar pun kembali menggiatkan patroli siang dan malam hari, untuk siang hari dengan sasaran warung-warung yang buka sebelum waktu yang sudah diatur dalam Perda.

Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar, M Ali Hanafiah melalui Kasie Penyidikan Satpol PP Kabupaten Banjar, Wahyudi mengatakan, pada tahun lalu dalam rangka menegakan Perda Ramadan, pihaknya mengeluarkan Surat Peringaan untuk 26 warung karena melanggar Perda.

Bentuk pelanggarannya karena buka sebelum waktu yang telah diatur dalam Perda dan melayani pengunjungnya makan di tempat.

"Kalau tahun lalu ada 26 warung, sedangkan orangnya sekitar 46 orang. Belum ada yang sampai disidangkan dan mendapat sanksi tegas, hanya diberikan Surat Peringatan (SP)," katanya.

Pada Ramadan tahun ini pihaknya pun melakukan kegiatan sama seperti tahun lalu, menggelar patroli di wilayah hukum Satpol PP Kabupaten Banjar, siang dan malam hari.

Baca: Pengakuan Ibu Kriss Hatta Soal Pernikahan Hilda Vitria, Sebut Izin Mualaf demi Eks Billy Syahputra

Baca: Penyebab Prabowo Batal Jenguk Istri SBY, Ani Yudhoyono, Ada Berkaitan Pertemuan AHY dan Jokowi?

Baca: Penjelasan Kemenkumham Soal Sanksi & Kronologi Video Kekerasan di Lapas Nusakambangan, Viral!

Baca: Lagi! Andre Taulany Bikin Kontroversi Usai Hina Ustadz Abdul Somad & Adi Hidayat, Ustadz Derry?

Khusus siang hari yakni penegakan Perda Ramadan, dan mengharapkan pelanggar Perda tahun ini lebih sedikit dari tahun lalu.

Penjabat Sekda Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana mengimbau agar masyarakat dapat.melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya dan memakmurkan masjid, musala dengan kegiatan ibadah seperti tarawih, membaca Alquran, Itikaf dan lain-lain serta perbanyak sadaqah.

"Pemerintah akan senantiasa memberikan dukungan bagi kelancaran masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa. Masyarakat yang tidak berpuasa tidak berani makan, minum atau merokok di depan umum. Tercipta kondisi yang saling menghargai," katanya.

Pria yang juga menjabat Asisten II Sekretariat Pemkab Banjar itu kembali mengingatkan, warung makan dan restoran bukanya sesuai ketentuan, sehingga maayarakat yang berpuasa merasa nyaman dalam menjalankan ibadahnya.

Intinya Perda Ramadan sudah mengatur tidak boleh makan minum di tempat umum saat bulan puasa dan waktu membuka warung, restoran.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved