BUMI SAIJAAN

Dinkes Kotabaru Lakukan Pemeriksaan Tes Kebugaran Pelajar SD

Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan tes kebugaran jasmani pada anak sekolah.

Dinkes Kotabaru Lakukan Pemeriksaan Tes Kebugaran Pelajar SD
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru H Akhmad Rivai, ketika menghadiri pemeriksaan tes kebugaran bagi anak sekolah Kelas 5 SDN 3 Dirgahayu di Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan tes kebugaran jasmani pada anak sekolah.

Kegiatan ini dilakukan untuk mensuskseskan Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas) melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2017.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru H Akhmad Rivai, ketika menghadiri pemeriksaan teskebugaran bagi anak sekolah Kelas 5 SDN 3 Dirgahayu di Kotabaru.

Pemeriksaan tes kebugaran jasmani yang dilakukan pada anak sekolah kelas 5 SD ini dilakukan dengan cara pengukuran tensi, tinggi badan, berat badan, dan denyut nadi serta praktek lari 1000 meter. Selama kegiatan tersebut mereka dipandu oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru.

Rivai mengungkapkan pemeriksaan test kebugaran jasmani pada anak sekolah ini dimaksudkan untuk mewujudkan siswa/siswi SD yang sehat, bugar dan berprestasi. Melalui pembudayaan aktifitas fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur di lingkungan sekolah.

"Tujuannya untuk meningkatnya perilaku siswa SD dalam meningkatkan kebugaran jasmani. Meningkatnya pengetahuan siswa SD terhadap perlunya latihan fisik dan olahraga menjadi budaya hidup sehari-hari, meningkatkan kemandirian sekolah dalam mendukung gerakan masyarakat untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa SD,” katanya.

Dia juga menjelaskan, kebugaran jasmani pada siswa-siswi SD merupakan satu komponen penting yang dapat mendukung prestasi siswa. Kebugaran jasmani dapat menggambarkan kondisi fisik seseorang untuk melakukan aktivitas. Kebugaran jasmani tidak sama dengan kesehatan. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar pasti sehat.

"Siswa-siswi sekolah yang bugar, tidak mudah lelah akan dapat mengerjakan tugas atau mengikuti pelajaran di sekolah lebih baik. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani seorang siswa, makin baik kemampuan fisiknya sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi di sekolahnya,” terangnya. (*/Aol)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved