Berita Banjarmasin

Enam KPU Kabupaten/Kota di Kalsel Sudah Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Hingga Sabtu (4/5/2019) sudah ada setidaknya enam Kabupaten/Kota di Kalsel yang sudah serahkan hasil Pleno Rekapitulasinya.

Enam KPU Kabupaten/Kota di Kalsel Sudah Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 oleh KPU Kota Banjarmasin, Sabtu (4/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun masih ada waktu beberapa hari di dalam koridor waktu rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota yaitu hingga Selasa (7/5/2019), namun beberapa Kabupaten/Kota di Kalsel sudah selesaikan rekapitulasi.

Hingga Sabtu (4/5/2019) sudah ada setidaknya enam Kabupaten/Kota di Kalsel yang sudah serahkan hasil Pleno Rekapitulasinya.

Dijelaskan Komisioner Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Kalsel, Siswandi, beberapa daerah yang sudah serahkan hasil rekapitulasi hingga pukul 18.00 WITA yaitu KPU Tanah Laut, Tanah Bumbu, Banjarbaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara.

"Untuk malam ini rencana menyusul Barito Kuala, untuk Kabupaten/Kota lainnya direncanakan Minggu dan Senin," kata Siswandi.

Baca: Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 KPU Kota Banjarmasin Terkendala Selisih Data DPT

Sedangkan hingga pukul 23.00 WITA, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di KPU Kota Banjarmasin Masih Terus berlanjut.

Rapat juga sempat diskors beberapa kali karena adanya kendala pada perbedaan data DPT yang dilaporkan Petugas di beberapa TPS dengan jumlah DPT pada DPTHP-3.

Dimana seharusnya data Pemilih TMS tetap dimasukkan dalam laporan jumlah DPT di TPS, namun tidak dilakukan dan justru tidak dicatat oleh petugas di TPS.

Walau demikian menurut Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur, adanya selisih data DPT tersebut tidak akan merubah hasil suara yang sudah direkapitulasikan.

"Ini tidak pengaruhi hasil hanya kesalahan input data kawan di TPS, kami sarankan tetap disampaikan kepada saksi bahwa ini sebagai wujud Keterbukaan. Ini juga kami masukkan dalam berita acara sebagai kejadian khusus di rekapitulasi tingkat Kota Banjarmasin," kata Gusti Makmur.

Baca: Selain Ahmad Dhani & Mulan Jameela, Ini Daftar Terbaru Artis Terancam Gagal Jadi Anggota DPR RI

Namun akibat kejadian ini, KPU Kota Banjarmasin belum bisa menetapkan hasil rekapitulasi suara tingkat Kota Banjarmasin secara utuh.

Para saksi peserta Rapat Pleno pun meminta KPU Kota Banjarmasin untuk merincikan di TPS mana saja terjadi kesalahan dan sebabkan perbedaan jumlah DPT tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved