BUMI MURAKATA

HST Ikuti Bimbingan Penerapan Sakip Ke Kemenpan RB

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah terus berupaya meningkatkan serta memperbaiki sistem manajemen kinerja di daerah.

HST Ikuti Bimbingan Penerapan Sakip Ke Kemenpan RB
HO/Humas Pemkab HST
Pemkab HST ikuti Bimbingan Penerapan Sakip ke Kemenpan RB di Jakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah terus berupaya meningkatkan serta memperbaiki sistem manajemen kinerja di daerah.

Upaya ini, dilakukan dengan melakukan bimbingan penerapan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) bagi pejabat strategis daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), di Jakarta, Jum’at (3/5/2019).

Bimbingan penerapan SAKIP ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah A Tamzil dan dipandu langsung oleh narasumber Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Nadimah dan Pejabat Fungsional Kemenpan RB Endang Purwaningsi.

Selain, A Tamzil, beberapa pejabat juga ikut seperti Asisten bidang Administrasi Umum, kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Kesehatan, Plt Kepala Dinas Pendidikan, dan para pejabat strategis lainnya lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sekretaris Kabupaten Hulu Sungai Tengah, A Tamzil, mengatakan penerapan SAKIP memang perlu ada bimbingan atau pendampingan agar kebijakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah ditetapkan bersama. Sehingga mampu dicapai dengan kinerja yang baik.

“Dan bimbingan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen para pejabat strategis terhadap penerapan SAKIP di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten HST ikuti Bimbingan Penerapan Sakip ke Kemenpan RB di Jakarta
Pemerintah Kabupaten HST ikuti Bimbingan Penerapan Sakip ke Kemenpan RB di Jakarta (HO/Humas Pemkab HSU)

Selain itu ditambahkan Tamzil, walaupun nilai hasil evaluasi selalu meningkat setiap tahunnya, pihaknya masih akan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Serta tidak bisa berpuas diri dengan hasil yang sudah diperoleh.

Sebab, menurutnya, akuntabilitas kinerja sangatlah penting ditingkatkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan mampu dipertanggungjawabkan outcome yang dihasilkan kepada masyarakat.

“Kami juga berharap agar Kemenpan RB dapat terus memberikan pendampingan dan bimbingan untuk dapat terus meningkatkan penerapan SAKIP di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” harapnya.

Sementara itu, Nadimah selaku narasumber menilai bahwa untuk SAKIP di tataran daerah dan beberapa perangkat daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah cukup bagus.

Namun harus ditindaklanjuti di tataran perangkat daerah lainnya dengan melaksanakan bimbingan serupa kedepannya. (*/AOL)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved