KalselPedia

KalselPedia : Bidang Humas Polda Kalsel, Sajikan Beragam Informasi Tentang Kepolisian

Tugas Bidhumas antara lain menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (Humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data

KalselPedia : Bidang Humas Polda Kalsel, Sajikan Beragam Informasi Tentang Kepolisian
Dari Bid Humas Polda Kalsel untuk BPOST
Kabid humas Kombes M Rifai (dwi) dan para personil bid humas 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Diapit geduang beberapa satuan kerja (Satker), Bidang Humas (Bid Humas) Polda Kalsel saat ini menempati ruangan tengah dari Kepolisian Daerah Polda Kalsel yang beralamat di Jalan S. Parman No 16 Banjarmasim Tengah.

Tugas Bidhumas antara lain menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (Humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan Anev kegiatan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Bidhumas Polda Kalsel saat ini beranggotakan sekitar 20 orang personil yang terbagi dalam 1 Subbag dan 3 Subbid diantaranya Subbagian Perencanaan dan Administrasi (Subbag Renmin).

Baca: Ayu Dewi Tak Diizinkan ke Resepsi Syahrini dan Reino Barack, Geng Luna Maya Disorot

Baca: Angel Lelga Tetap Kawal Suaranya, Mantan Vicky Prasetyo Optimis Walau Diprediksi Gagal ke DPR

Baca: Oktober Jepang Bakal Berikan Amenesti Para Penjahat, Hormati Penobatan Kaisar Naruhito

Kemudian Subbidang Penerangan Masyarakat (Subbid Penmas), Subbidang Pengelolaan informasi dan dokumentasi (Subbid PID) dan Subbidang Multimedia (Subbid Mulmed).

Subbag Renmin yang dipimpin Ipda H. Suratman, S.Ap bertugas menyusun perencanaan kerja dan anggaran, pengelolaan dan pembinaan manajemen personel dan logistik, pembinaan fungsi dan mengelola keuangan serta pelayanan administrasi dan ketatausahaan di lingkungan Bid Humas.

Subbid Penmas dipimpin Kompol Parwita bertugas menyelenggarakan penerangan umum dan penerangan satuan yang meliputi pengelolaan dan penyampaian informasi termasuk kerjasama dan kemitraan dengan media massa berikuti komponennya.

Subbid PID dipimpin Drs Hamsan bertugas melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyajian data, informasi dan dokumentasi dalam mendukung pelaksanaan informasi baik internal maupun eksternal Polri.

Sementara itu Subbid Mulmed yang dipimpin Kompol Yudi Ridarto, S.Pd., SH merupakan Subbid yang baru terbentuk dengan tugas melaksanakan kegiatan komunikasi digital dan elektronik, peningkatan sunber daya teknologi informasi, produksi, analisis, pengembangan multimedia, melakukan media monitoring dan pengelolaan isu krisis media baik digital maupun eletronik serta penyebaran/diseminasi informasi digital, media online maupun media sosial untuk menjadi saluran dua arah komunikasi yang efektif dan kreatif.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes M Rifai
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes M Rifai (banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Saat ini Kabid Humas Polda Kalsel dijabat Kombes Pol Mochamad Rifai, SIK . Peran Humas di Polda Kalsel dalam meningkatkan Citra Polisi di kelembagaan kepolisian itu sendiri melalui penyelenggaraan kegiatan penerangan umum, penerangan satuan, produksi bahan penerangan, dokumentasi dan penelitian dan menciptakan opini publik yang positif dan menguntungkan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Newcastle vs Liverpool Live RCTI, Jaga Asa Juara Premier League

Baca: Kisah Panwas yang Hampir Dua Malam Tak Tidur Menunggu Logistik Pemilu, Berakhir Tak Sadarkan Diri

Sementara peran dalam meningkatkan citra kepolisian dalam masyarakat umum dilakukan dengan kegiatan dan langkah manajemen strategis, pejabat yang professional, mampu mengelola isu, mengelola media, mengunggah prestasi polisi yang positif dan mengontrol opini public serta figure ketokohan polisi seperti Polisi menjadi Khotib di Mesjid.

Saat ini Humas merupakan fungsi utama yang ke-6 dalam institusi Polri selain fungsi Reserse, Intel, Sabhara, Lantas dan Binmas. Bid Humas pun senantiasa bekerja sama dengan media, baik formal maupun informal. Kerja sama juga harus dijalin dengan media konvensional maupun mainstream.(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved