Ekonomi dan Bisnis

Bisnis Menjanjikan saat Pensiun, Madu Kelulut dan Ekstrak Bee Polen Ini Kian Diminati Masyarakat

Madu mengandung nilai gizi tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada berbagai macam jenis madu yang terdapat di Kalimantan

Bisnis Menjanjikan saat Pensiun, Madu Kelulut dan Ekstrak Bee Polen Ini Kian Diminati Masyarakat
H Syaiful Bahri untuk Banjarmasinpost.co.id
Pembudidayaan Madu Kelulut di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Madu mengandung nilai gizi tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada berbagai macam jenis madu yang terdapat di Kalimantan, di antaranya madu Kelulut yang merupakan jenis madu yang banyak terdapat di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun sayangnya madu dengan kualitas empat kali lebih dahsyat dari jenis biasa ini, hanya bisa dipanen saat musim panas saja.

Madu kelulut terbilang sulit dijumpai namun madu dari lebah Kelulut, saat ini mulai dibudidayakan, karena sangat potensial dan memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan.

Salah seorang diantaranya yang tertarik menggeluti budidaya madu kelulut ini, H Syaiful Bahri. Peternak lebah madu Desa Muara Rintis Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini, memulai usahanya sejak 2017 lalu.

Baca: 50 Contoh Ucapan Selamat Puasa Ramadhan 1440 H/2019 Cocok Untuk Instagram Whatsapp Facebook

Baca: Jadwal & Live Streaming Final New Zealand Open 2019 Minggu (5/5) Praveen/Melati, Jojo & Ahsan/Hendra

Baca: Bacaan Niat Sholat Sunnah Tarawih Witir dan Niat Puasa Serta Doa Buka Puasa Ramadhan 1440 H/2019

Pensiunan Dinas Kehutanan ini, awalnya hanya menjadikan usaha budidaya lebahnya, sebagai usaha sampingan. namun setelah dirinya menggeluti dan mendapat pembinaan dari dinas terkait serta berbagi informasi di komunitas pembudidaya madu kelulut, Ayah dua anak ini, berhasil meningkatkan ekonomi keluarganya.

"Ada dua jenis produk yang dihasilkan dari budidaya madu ini, yaitu madu kelulut dan ekstrak bee polen yang banyak diminati berbagai kalangan," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Keistimewaan madu kelulut ini, diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, gangguan jantung, dan anti oksidan yang baik serta mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, anemia,maag serta dapat mendongkrak stamina.

"Meski rasa madu kelulut ini cenderung lebih asam namun baik untuk lambung, serta dapat meningkatkan stamina," imbuh dia.

Kandungan nutrisi yang tinggi, baik madu kelulut maupun bee polen ini, cukup diburu berbagai kalangan karena mengandung propolis.

Bee polen dan beberapa jenis vitamin mineral serta enzim. Saat ini Kakek dua cucu ini, memiliki sekitar 100 buah log stup atau sarang lebah buatan yang berada di sekitar pekarangan rumahnya. Namun, produksi madu kelulut ini masih bergantung pada musim.

"Yaitu hanya bisa dipanen lebih banyak, di saat musim panas saja. Satu log ini kalau lagi bagus,dapat menghasilkan hingga satu liter madu," ucap Syaiful.

Selain madu kelulut Saiful Bahri juga membudidayakan tanaman bunga hutan di sekitar area peternakan lebah miliknya. Kebun bunga ini sebagai penyedia pakan bagi lebah-lebahnya seperti bunga Kaliandra dan Air mata pengantin (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved