Pemilu 2019

Kotak Suara Tercecer & Kotak Suara Hilang, KPU Banjar Hari Ini Gelar Rapat Pleno Tingkat Kabupaten

Kotak suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di TPS 19 dan 20 Sungaisipai Martapura Kabupaten Banjar tercecer

Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPUTA - Kotak suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di TPS 19 dan 20 Sungaisipai Martapura Kabupaten Banjar sempat tercecer.

Kecurigaan kotak suara itu sempat hilang karena rebutan suara antara partai politik peserta Pemilu untuk memperebutkan kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar.

Informasi didapat karena dua partai politik peserta Pemilu 2019 sama-sama mendapatkan lima kursi, sehingga ada terjadi perebutan suaranya. Namun informasi tersebut langsung dibantah Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin.

Dia menjelaskan, kotak suara itu hanyalah terselip bukan tercecer apalagi jika menyebutkan hilang, dinilainya terlalu berlebihan. Dijelaskannya, kotak suara banyak turun dari angkutan kemudian yang mengerjakan saat mengangkut bisa meletakan tidak sesuai urutan.

Baca: Viral Kotak Suara Dipindah ke Gudang di Bekasi, Ketua KPU Akui Ada yang Tak Digembok

Baca: Penyebab Jalan Kalteng Mudah Rusak, Tonase Armada Angkutan Barang Ternyata Melebihi

Baca: Jadwal & Live Streaming Final New Zealand Open 2019 Minggu (5/5) Praveen/Melati, Jojo & Ahsan/Hendra

“Hanya tidak sesuai urutannya saja, petugas yang mengangkut bisa saja karena faktor kelelahan setelah beberapa hari bekerja. Terjadi kotak suara TPS 19 dan TPS 21, kotak suara harusnya berurutan, tetapi kejadiannya kotak suaranya tergabung dengan yang lainnya,” katanya, Minggu (5/5).

Dibenarkannya, suasana di TPS tersebut sempat ramai karena pihaknya bersama-sama Bawaslu, serta petugas keamanan memastikan kondisinya dan ternyata kotak suara tersebut hanya terselip dan sudah ditemukan. Karena sudah ditemukan maka permasalahannya sudah selesai.

Kembali Muhaimin menegaskan, terselipnya kotak suara tidak ada upaya untuk mendongkrak suara kontestan caleg atau partai politik. Mengingat saat ini masih proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Banjar.

“Tidak ada upaya-upaya seperti informasi yang beredar di lapangan, kami bekerjaa sesuai mekanisme dan ini baru proses rekapitulais berjenjang dari TPS sampai PPK dan Kecamatan untuk ditetapkan tingkat Kabupaten, baru perolehan suara dan terlalu dini jika mengaitkan perolehan kursi unsur pimpinan DPRD Banjar,” tegasnya.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 ditingkat Kabupaten Banjar digelar di Novotel Banjarbaru, Minggu (5/5). Pihaknya sudah siap menerima seluruh tamu undangan dalam rangka menggelar Rapat Pleno Terbuka ditingkat Kabupaten.

Total ada 20 kecamatan di Kabupaten Banjar, total seluruh semua jumlah TPS 1.832 dikalikan lima kotak suara, terkecuali Kecamatan Martapura belum masuk karena rekapitulasi belum selesai. Jumlah TPS di Kecamatan Martapura sebanyak 375 TPS, sehingga menurut Muhaimin perlu waktu.

Meski demikian lanjut Muhaimin, belum selesainya rekapitulasi di Kecamatan Martapura tidak ada masalah dan tidak mengganggu Rapat Pleno, dikarenakan masih ada waktu besok Senin (6/5) dan kalaupun belum kelar maka bisa ada tambahan hari.

Ketua DPC PPP Kabupaten Banjar, Ahmad Zaky Hafidzi menyayangkan ada kotak suara sempat tercecer. Sebenarnya kotak suara tidak boleh dipindahkan sebelum pleno, tetapi ini dipindahkan dari PPK ke gudang logistik KPU di Jalan Jeruk Sungaiulin Banjarbaru.

“Menyayangkan dan mestinya jangan dipindahkan sebelum pleno dari PPK ke gudang logistik KPU di Jalan Jeruk, akhirnya yang belum terhitung sudah terangkut. Cuma berpindah walau segel masih ada,” katanya.

Dia menambahkan, akibat kurang ketelitian-ketelitian inilah maka muncul berbagai prasangka atau praduga-praduga di lapangan.

Sekretaris PPP Kalsel, Hasbullah mengatakan, pemilu 2019 banyak hal yang perlu dievakuasi, baik sisi peyelenggara, pengawasan, peserta, termasuk sistem kepemiluannya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved