Berita Kabupaten Banjar

Miliki Pemandu Wisata yang Ramah, Dorong Wisatawan Betah Nikmati Wisata Kabupaten Banjar

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar mendorong agar obyek wisata yang ada kian diminati wisatawan lokal dan m

Miliki Pemandu Wisata yang Ramah, Dorong Wisatawan Betah Nikmati Wisata Kabupaten Banjar
Humas Pemkab Banjar
Dinas Kebuayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar pelatihan bimbingan teknis bagi pemandu pariwisata di Kabupaten Banjar pada Jumat (3/5) tadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tidak sedikit obyek wisata alam terdapat di Kabupaten Banjar. Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar mendorong agar obyek wisata yang ada kian diminati wisatawan lokal dan mancanegera.

Salah satunya adalah menekankan bagi pemandu wisata agar ramah terhadap pengunjung.

Mengingat, banyaknya potensi wisata di wilayah Kabupaten Banjar menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor Pariwisata.

Dinas Kebuayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar pelatihan bimbingan teknis bagi pemandu pariwisata di Kabupaten Banjar pada Jumat (3/5) tadi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilaksanakan bagi pemandu-pemandu wisata di Kabupaten Banjar. Supaya mereka mengetahui cara mempromosikan potensi-potensi wisata yang dapat menjadi daya tarik tersendiri agar turis domestik maupun international berdatangan.

Baca: Kasihan Raffi Ahmad Terpaksa Jual Kapal Pesiar Pribadi ke Sosok Ini, Suami Nagita: Harganya Miliaran

Baca: Tak Ada Nama Luna Maya, Tapi Syahrini & Reino Barack Bilang Ngundang Eks Ariel NOAH ke Acara Dinner

Baca: Jadwal Siaran Langsung MotoGP Spanyol 2019 di Trans7 Hari Ini Minggu (5/5) Valentino Rossi Terlempar

"Destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Banjar tidak kalah dengan obyek wisata lainnya di luar Kalsel bahkan jika digali lebih dalam tak kalah dibanding yang ada di luar negeri. Jika wisatawan terus berdatangan ke obyek wisata di Kabupaten Banjar, pendapatan pemerintah daerah maupun masyarakat di sekitar lokasi wisata akan menjadi lebih baik," katanya.

Perekonomian masyarakat setempat dan di sekitar obyek wisata tersebut juga bisa lebih baik. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat yang meningkat bisa mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah, sesuai visi misi Bupati Banjar, H Khalilurrahman.

"Saya harap dengan diadakannya pelatihan ini, para pemandu wisata akan lebih mengenal wisata di wilayah mereka masing- masing. Tentunya ini akan mempermudah mereka untuk menggaet turis, baik itu destinasi wisata alam, kuliner, budaya ataupun wisata lainnya, karena di Kabupaten Banjar sendiri saat ini sudah tecatat ada 48 objek wisata yang patut dikunjungi " ujarnya.

Kabid Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Faisal Riza menjelaskan bahwa Bimtek bagi pemandu wisata ini selama dua hari dari 3 Mei sampai dengan 4 Mei 2019, menggunakan dana DAK Kementrian Pariwisata yang diikuti oleh 40 pemandu wisata pilihan se Kabupaten Banjar.

Teknis pelaksanaan Bimtek yaitu pemberian materi selama satu hari pada 3 Mei 2019 lalu dan pada 4 Mei 2019 para peserta Bimtek melakukan uji praktek lapangan dengan mempromosikan serta mengunjungi penggosokan intan di Sungai Paring Martapura serta Rumah Adat Banjar yang berlokasi di Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar.

Narasumber Bimtek adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan bahwa sektor pariwisata saat ini menduduki posisi ketiga setelah perikanan dan pertanian dalam hal pengembangan potensi bagi pemerintah RI itu artinya pariwisata sangat penting untuk mendongkrak pendapatan negara maupun masyarakat.

"Oleh karena itu pemandu wisata harus mengetahui sepenuhnya destinasi wisata yang mereka promosikan, baik itu letak wilayah, akses menuju tempat wisata, jalan, fasilitas wisata, keamanan dan kemudahan lainnya yang dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang berkunjung,"katanya.

Sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Banjar diantaranya Matang Kaladan di Kecamatan Aranio, Danau Tamiyang di Karangintan, Benteng Oranje Nassau dan sejumlah obyek wisata lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved