Ramadan 2019

Pasar Ramadan Hadir di Tiga Lokasi di HSS, Disperindag Imbau Pedagang Sajikan Menu Sehat

Mendukung ketersediaan menu berbuka puasa bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan memfasilitasi pasar tahunan Ramadan

Pasar Ramadan Hadir di Tiga Lokasi di HSS, Disperindag Imbau Pedagang Sajikan Menu Sehat
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pasar Ramadan Kandangan, telah dibangun dengan 50 unit tenda di sekitar Pasar Los Batu Kandangan dan siap ditempati pedagang, Minggu (5/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Mendukung ketersediaan menu berbuka puasa bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan memfasilitasi pasar tahunan Ramadan yang khusus operasional selama bulan suci umat Islam tersebut.

Pasar Ramadan dengan bangunan tenda, seperti biasa hadiri di tiga lokasi, yaitu Pasar Kandangan, Pasar Nagara di kawasan Desa Tumbukan Banyu, Kecamatan Daha Selatan, dan Pasar Angkinang di Kecamatan Angkinang.‎

Pasar tersebut mulai dibuka pada hari pertama Ramadan 1440 Hijriah atau hari pertama puasa Ramadan.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, HM Sufiani, dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Minggu (5/5/2019) menjelaskan, untuk pasar di Kandangan, berlokasi di depan Pasar Los Batu, atau di pinggir Jalan Antasari Kandangan, dan akan diresmikan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Baca: Pesan Haru Jessica Iskandar Untuk El Barack Usai Dilamar Richard Kyle di Amerika

Baca: Maia Estianty Mengaku Gendut Usai Dinikahi Irwan Mussry, Bandingkan Dulu Usai Cerai Dari Ahmad Dhani

Baca: Alasan Nikita Mirzani Tolak Kunjungan Perwakilan Dipo Latief ke Rumah Sakit Jenguk Bayinya Terungkap

Baca: Mesir Gali Makam Kuno Berusia 4.500 Tahun Milik Pejabat Zaman Firaun, Kondisinya Seperti ini

Khusus untuk di Kandangan tersebut, Pemkab HSS memfasilitasi pembangunan 50 unit tenda, untuk 100 orang pedagang.

Sedangkan di Pasar Nagara, Pemkab membangunkan 20 unit tenda, di Daha Selatan, dibuka oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

"Waktu pembukaannya bersamaan, pukul 14.00 wita. Semua tenda sudah dipasang,"jelas Sufiani.

Sedangkan di Kecamatan Angkinang, Pemkab HSS membangunkan 25 unit tenda, tanpa ada kegiatan peresmian.

Meski demikian, warga diimbau untuk mengunjungi dan meramaikan pasar Ramadan, dengan berbelanja di tiga lokasi pasar Ramadan tersebut, yang tentunya bakal menyajikan ciri khas kuliner masing-masing, dan bakal menggugah selera pengunjung.

Mengenai penggunaan fasilitas tenda, Sufiani menyatakan, tidak dipungut uang sewa, tapi para pedagang dikenakan tarif retribusi yang berlaku untuk pedagang kaki lima atau PKL, yaitu Rp 9.500 per hari, dengan rincian Rp 8.000 untuk bayar tenda, dan Rp 1.500 untuk kebersihan.

Tarif retribusi tersebut berbeda dengan Pasar Ramadan di Kecamatan Daha dan Angkinang, yang lebih ringan, yaitu Rp 4.000 per hari.

Sufiani menyatakan, pada saat pembinaan atau sosialisasi pasar Ramadan, pihaknya selalu menyampaikan imbauan kepada para pedagang yang menerima fasilitas tenda untuk berjualan, agar menyajikan makanan berbuka puasa yang sehat dan memenuhi stnadar kesehatan, seperti tidak menggunakan bahan tambahan pangan berbahaya dalam makanan.

"Contohnya formalin, pemanis buatan yang berlebihan dan bukan peruntukannya, boraks, siklamat serta zat pewarna yang tak boleh digunakan untuk makanan," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved