Serambi Mekkah

Bupati Kabupaten Banjar Tekankan Pedagang di Pasar Wadai Jaga Kebersihan dan Stabilitas Harga

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah meresmikan dibukanya Pasar Wadai Ramadhan 1440 H, ditandai dengan pemotongan pita, Senin (6/5)

Bupati Kabupaten Banjar Tekankan Pedagang di Pasar Wadai Jaga Kebersihan dan Stabilitas Harga
Diskominfo Kabupaten Banjar
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, didampingi Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura, Senin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Animo masyarakat di Martapura mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura tak pernah sepi. Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah meresmikan dibukanya Pasar Wadai Ramadhan 1440 H, ditandai dengan pemotongan pita, Senin (6/5) sore.

Dilanjutkan dengan peninjauan stand Pasar Wadai Ramadhan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, didampingi Bupati Banjar H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar, sangat menyambut baik dan turut berbahagia, pada Senin sore ini, dibulan yang penuh berkah dan maghfiroh bertepatan dengan 1 Ramadhan 1440 H, bersama-sama berkumpul pada acara pembukaan Pasar Wadai Ramadhan.

Kegiatan pasar wadai Ramadhan ini merupakan salah satu bagian dari program festival budaya daerah yang sudah menjadi tradisi dan even tahunan, dengan tujuan untuk memberikan tempat bagi pedagang dan masyarakat untuk membeli beraneka ragam wadai tradisional khas Banjar untuk hidangan berbuka puasa yang higenis, sehat, murah dan terjangkau masyarakat.

Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura, Senin.
Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura, Senin. (Diskominfo Kabupaten Banjar)

Pasar Ramadhan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar dan PD Pasar, dan instansi terkait, dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, dengan menyediakan stand sebanyak 40 buah.

"Kepada para pedagang, saya menghimbau agar selalu memperhatikan : variasi produk makanan, stabilitas harga, kualitas bahan, ketertiban, dan yang paling utama adalah kebersihan tempat berjualan. Mari kita bersama-sama selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar tempat berjualan. Apabila tempat kita berjualan dan seluruh lingkungan pasar bersih, maka pembeli akan nyaman mengunjunginya," katanya.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Guru Khalil ini mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Polres Banjar, Polsek Martapura, PD Pasar, dan instansi terkait lainnya yang telah mendukung pelaksanaan pasar wadai ramadhan ini, juga kepada para pedagang serta seluruh masyarakat sekitar.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, didampingi Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura, Senin.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, didampingi Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura, Senin. (Diskominfo Kabupaten Banjar)

"Akhirnya dengan mengharap Ridho Allah SWT serta mengucap Bismillahirrahmanirrahim Pasar Wadai Ramadhan Tahun 1440 H” pada hari ini, Senin Tanggal 06 Mei Tahun 2019, dengan ini saya nyatakan secara resmi dibuka. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk seluruh umat islam di Kabupaten Banjar," ucapnya.

Dirinya mengharapkan, semoga keberkahan untuk semua, dan semoga Pasar Wadai ini menjadi objek wisata kuliner di Martapura, selama bulan Ramadhan berlangsung. Guru Khalil pun mengakhiri sambutannya dengan pantun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar yang tertuang dalam Renstra dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019.

Bertujuan untuk melestarikan budaya atau tradiri masyarakat di Kabupaten Banjar dalam menyambut bulan suci Ramadhan, mempromosikan kuliner khas Kabupaten Banjar dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Banjar, serta merealisasikan target kinerja pada indikator kinerja utama pemerintah daerah dalam RPJMD yaitu jumlah kegiatan kebudayaan yang bernuansa religi.

"Dalam menyelenggelarakan kegiatan pasar wadai ini, kami telah menyediakan 40 stand yang akan diisi oleh para pedagang yang menyediakan kue dan makanan berbuka puasa. Didukung pelayanan dari Binmas Polres Banjar dan Samsa Martapura selama kegiatan berlangsung," kata Haris.

Pihaknya menekankan kepada peserta Pasar Wadai Ramadhan unuk pentingnya menjaga stabilitas harga, kebesihan, kesehatan dan kualitas makanan yang dijual. Haris juga berterimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya Pasar Wadai Ramadhan tahun 1440 Hijriah ini. (AOL)

Penulis:
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved