Berita Kabupaten Banjar

Hingga Pukul 10.00 Wita Sampah di Depan Kantor Kelurahan Kertakhanyar I Belum Diangkut

Bau baru dari tumpukan sampah menyengat hidung begitu melintas di depan kantor kelurahan Kertakhanyar I Kabupaten Banjar, Senin (6/5/2019)

Hingga Pukul 10.00 Wita Sampah di Depan Kantor Kelurahan Kertakhanyar I Belum Diangkut
banjarmasinpost.co.id/hasby
Sampah menumpuk di depan kantor Kelurahan Kertakhanyar I Kabupaten Banjar, Senin (6/5/2019). 

BANJARMASINPO0ST.CO.ID--MARTAPURA -- Bau menyengat begitu melintas di depan kantor kelurahan Kertakhanyar I Kabupaten Banjar, Senin (6/5/2019). Pasalnya, tumpukan sampah di depan kantor kelurahan itu hingga pukul 10.00 wita belum diangkut petugas.

Kondisi ini ironi dengan Kabupaten Banjar yang berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2018. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan di bidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan ini merupakan yang ketujuh kali diterima secara berturut-turut.

Wakil Presiden HM Yusuf Kalla beserta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyerahkan piala Adipura di Auditorium Wahana Manggala Bhakti, Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta Senin (14/1/2019) lalu. Bupati Banjar, H Khalilurrahman pun menerima piala tersebut.

Warga Kertakhanyar, Ifan mengeluhkan sampah hingga pukul 10.00 wita belum terangkut oleh petugas kebersihan. Terlebih warga yang ingin berurusan di kantor kelurahan Kertakhanyar I mau tidak mau menghirup bau tak sedap tersebut, dan disuguhkan pemandangan yang kurang mengenakan.

Baca: Trauma Anak Derita Down Syndrome, Ibu Rumah Tangga Ini Sempat Takut Melahirkan Kembali

"Memang awalnya ada tempat penampungan sementara di dalam Pasar Ahad di Kertakhanyar, namun ditutup dan diarahkan ke Jalan A Yani kilometer 8, di depan Jalan Manarap. Tetapi karena masyarakat mungkin merasa kejauhan, mesti berputar akhirnya membuang ke depan kantor Kelurahan," katanya.

Dia mengatakan, sehari-hari warga memilih membuang sampah di depan kantor Kelurahan Kertakhanyar tersebut, padahal sepengetahuannya bukanlan TPS resmi, atau boleh disebutnya TPS liar. Tumpukan sampah pada Senin (6/5) pagi hari itu dinilainya paling banyak dibanding hari sebelumnya.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar bisa menugaskan orang sebagai penanggungjawab urusan sampah di Kertakhanyar. Dirinya pun mengharapkan penanganan sampah di sekitar tempat tinggalnya bisa dikelola secara baik.

Sekretaris Camat Kertakhanyar yang juga menjabat Plt Lurah Kertakhanyar I, Nur Ifansyah menampung aspirasi warganya tersebut. Pihaknya pun mengharapkan agar DLH membuat TPS yang dekat sekitar Jalan Pemurus, seperti samping pasar. Walaupun secara jangka pendek, namun setidaknya bisa menanggulangi sampah dan ada petugas yang ditugaskan di sana untuk menjaga sampah.

"Agar nantinya sampah tidak dihamburkan pemulung," harapnya.

Baca: Jalan Terendam, Dinas PUPR Kota Banjarmasin Sebar Pasukan Turbo di Lima Kecamatan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Triestiyanto ketika dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan informasi dari pengawas lapangan, jumlah volume sampah mendadak meningkat sehingga sampah tersebut tidak bisa terangkut pada Senin (6/5) pagi.

"Sudah menginstruksikan untuk mengirimkan armada tambahan agar sampah tersebut bisa diangkut sesegeranya. Juga ada penambahan trip angkutan, bersyukur tidak ada masalah," kata Boyke.

Dia menjelaskan, untuk lokasi TPS di halaman Pasar Ahad, kemungkinan karena TPS tersebut sudah penuh menampung sampah, sehingga ditumpuk hingga keluar. Dinas LH mengajukan usulan agar pihak Kelurahan, Pemerintah Desa dan Kecamatan menyediakan lahan untuk TPS di dekat pusat-pusat permukiman, dikarenakan Pemkab akan menutup-nutup TPS-TPS liar di sepanjang Jalan A Yani Jalan Gubernur Syarkawai dan Lingkar Selatan.

Boyke meluruskan, bahwa sebenarnya TPS-TPS tidak boleh berada dipinggir Jalan A Yani Kabupaten Banjar, karena tidak sesuai dengan kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Banjar. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved