KalselPedia

KalselPedia : Profile UIN Antasari Banjarmasin, Dari Insititut Menjadi Univeritas 

Sebelum beralih status pada tahun 2017, UIN Antasari dikenal oleh masyarakat dengan Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

KalselPedia : Profile UIN Antasari Banjarmasin, Dari Insititut Menjadi Univeritas 
HO/UIN Antasari
UIN Antasari Jalan A Yani Km 4 Banjarmasin Kalimantan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin adalah satu perguruan tinggi negeri di Banjarmasin. Kampus tersebut terletak di Jalam Ahmad Yani Km 4,5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, Kode Pos 70235.

Sebelum beralih status pada tahun 2017, UIN Antasari dikenal oleh masyarakat dengan Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang didirikan pada tanggal 20 November 1964.

Sejak 1964, terdapat delapan pemimpin atau rektor yang memimpin IAIN Antasari Banjarmasin.

Rektor pertama IAIN Antasari Banjarmasin adalah KH Zafri Zamzam.

Saat awal kepemimpinannya, terdapat empat fakultas yang berdiri yaitu Fakultas Syariah di Banjarmasin, Fakultas Syariah di Kandangan, Fakultas Tarbiyah di Barabai, dan Fakultas Ushuluddin di Amuntai.

Selanjutnya berdiri Fakultas Tarbiyah di Banjarmasin diikuti Fakultas Tarbiyah cabang Martapura, cabang Rantau, dan cabang Kandangan.

UIN Antasari Banjarmasin_wm
Kampus UIN Antasari Banjarmasin_wm (HO/UIN Antasari)

Fakultas baru yang didirikan kemudian pada tahun 1970 adalah Fakultas Dakwah di Banjarmasin. Pada akhirnya, IAIN Antasari memiliki 9 fakultas di akhir kepemimpinan Zafri Zamzam.

Pada tahun 1973, di bawah kepemimpinan Rektor kedua, H Mastur Jahri, MA, diputuskan bahwa semua Fakultas Tarbiyah disatukan menjadi Fakultas Tarbiyah di Banjarmasin.

Beliau juga melanjutkan penyatuan fakultas lainnya menjadi satu fakultas seperti Fakultas Syariah Kandangan menjadi Fakultas Syariah bertempat di Banjarmasin dan Fakultas Ushuluddin Amuntai juga dipindah ke Banjarmasin tahun 1978.

Hal ini menjadikan IAIN Antasari memiliki empat fakultas di Banjarmasin yakni Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah, dan Fakultas Ushuluddin.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved