Berita HSS

Kantin SDN 1 Kandangan Kota Raih Piagam Bintang 1 Keamanan Pangan

Kantin sekolah di SDN 1 Kandangan Kota dan SMPN 1 Kandangan meraih piagam bintang satu untuk keamanan pangan kantin sekolah

Kantin SDN 1 Kandangan Kota Raih Piagam Bintang 1 Keamanan Pangan
Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS
Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin sekolah, diterima SDN 1 Kandangan Kota dan SMPN 1 Kandangan, Senin (6/5/2019) dari Bupati HSS di halaman Kantor Bupati HSS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN – Kantin sekolah di SDN 1 Kandangan Kota dan SMPN 1 Kandangan meraih penghargaan berupa piagam bintang satu untuk keamanan pangan kantin sekolah, Senin (6/5/2019).

Penyerahan piagam dilaksankan di halamanSekretariat Daerah Kantor Bupati HSS, oleh Bupati HSS H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Kepala Balai Besar POM Banjarmasin De H M Guntur, serta Kadinkes HSS Hj Siti Zainab.

 Turut hadir PjSekretaris Daerah H Hubriansyah, Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan HSaifullah, para Kepala SKPD dan para ASN pemerintah HSS. 

Baca: Innalilahi Wainna Ilaihi Rojiun! Meninggal Saat Sholat Isya Sebelum Sholat Tarawih Ramadhan 1440 H

Baca: Ojol Nekat Sendiri Berdiri di Depan Balai Kota Banjarmasin, Tuntut Wali Kota Terapkan Aturan Ini

Baca: Jadwal Buka Puasa, Imsakiyah Hari ke 1 Ramadhan 1440 H/Senin 6 Mei 2019 Jakarta & Kota Besar Lain

Piagam bintang satu keamanan pangan untuk kantin sekolah diberikan kPemkab HSS kepada sekolah yang telah menetapkan prinsip dasar keamanan pangan.

 Prinsip keamanan tersebut meliputi kebersihan, pengolahan pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat dan peralatan. 

Kedua sekolah tersebut dinilai layak dan memenuhi syarat dalam menyajikan pangan yang sehat. Piagam tersebut diserahkan Bupati kepada pihak perwakilan sekolah.

 Kegiatan penyerahan piagam, merupakan rangkaian apel gabungan PNS. Pada kesempatakan itu juga   diserahkan SPPT dan DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan Pajak) kepada seluruh Camat di Kabupaten HSS.

Dilanjutkan, Pencanangan Bulan Panutan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang ditandai pembayaran PBB-P2 oleh Bupati, Wakil Bupati, serta Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS.

 Pembayaran tersebut bertujuan memberikan motivasi bagi masyarakat untuk melunasi tagihan Pajak Bumi dan Bangunan lebih awal. Sebelumnya, apel gabungan Mei  yang bertepatan 1 Ramadhan 1440 Hijriah tersebut diawali tausyiah yang disampaikan Wakil Ketua MUI HSS Ustad M Jamhari Muhdin. 

 Pada kesempatan itu, Ustad M Jamhari Muhdin mengungkapkan, orang-orang yang dirindukan surga ada 4 golongan. Yaitu mereka  yang selalu membaca Al-Quran, memelihara lidahnya, memberikan makan kepada yang kelaparan, dan yang berpuasa di Bulan Ramadhan.

 Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Nordiansyah menyampaikan, misi yang akan dicapai Dinas Pendidikan 5 tahun ke depan sesuai RPJMD 2018 - 2023. Untuk pencapaian misi harus sejalan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM). Disebutkan, dalam 5 tahun terakhir ada kenaikan IPM. Di tahun 2017 sebesar 62.65, tahun 2018 sebesar 68.59.

 Untuk tahun 2019 ditargetkan menjadi 72.57. Salah satu cara untuk menaikkan IPM adalah dengan menaikkan angka rata-rata harapan sekolah bagi anak usia sekolah yaitu lamanya sekolah yang dijalani.

Baca: Bacaan Niat Sholat Sunnah Tarawih & Sholat Witir Hari ke-2 Ramadhan 1440 H Bahasa Arab dan Latin

Baca: Menyambut Ramadhan 1440 H, Aa Gym Sampaikan Harapan ini Terkait Pilpres 2019

Untuk menaikkan IPM telah dilakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren di HSS. “Sehingga bukan hanya ilmu agama yang dipelajari, tapi juga ketika selesai menuntut ilmu di pesantren, para santri mendapatkan ijazah pendidikan formal,”katanya.

 Nordiansyah menjelaskan, Dinas Pendidikan akan melakukan kerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) yang bertujuan meberantas buta huruf di Rutan dengan mengadakan sistem belajar paket A, paket B dan Paket C. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved