Saraba Kawa

Resmikan Pasar Ramadhan 1440 H, Bupati Anang Langsung Berbelanja Menu Buka Puasa

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi membuka langsung pasar Ramadhan 1440 H yang berlokasi di Barunak Tanjung.

Resmikan Pasar Ramadhan 1440 H, Bupati Anang Langsung Berbelanja Menu Buka Puasa
Pemkab Tabalong
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi membuka langsung pasar ramadhan yang ada di barunak Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Setiap tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menyediakan sarana untuk menggelar pasar wadai ramadhan, begitupun Ramadhan 1440 H yang dilaksanakan di kota Tanjung dan Mabuun.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi membuka langsung pasar Ramadhan 1440 H  yang berlokasi di Barunak Tanjung.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat di Pemerintah Daerah Tabalong termasuk unsur Muspida seperti Dandim 1001/Tanjung, Ketua Pengadilan Negeri Tabalong dan Polres Tabalong.

Ketua Panitia Pasar Ramadhan Nugroho mengatakan, adanya pasar ramadhan sangat dinanti oleh para pedagang dan warga Tabalong. Sebanyak 100 stan disediakan untuk para pedagang makanan dan minuman.

"100 stan disiapkan dan tidak dipungut biaya, pedagang hanya membayar biaya untuk kebersihan," ujarnya.

Pada hari pertama memang masih belum seluruh pedagang menggunakan lapak yang sudah disediakan mengingat masih dihari pertama kemungkinan masih ada yang ingin menikmati buka puasa dirumah.

Bangunan untuk pasar ramadhan menggunakan pasar Barunak sehingga pedagang tak perlu khawatir ketika turun hujan, tempat untuk parkir memadai dan lokasi juga mudah dijangkau sehingga menguntungkan para pedagang.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan pasar ramadhan berkoordinasi denganbpara pedagang.

Keberadaan pasar ramadhan sekaligus dalam upaya memberikan wisata kuliner, mengingat sebagian besar masakan yang dijual adalah makanan khas dari Kalimantan selatan. Pasar Barunak yang digunakan untuk pasar ramdhan akan segera difungsikan.

"Lantai satu digunakan untuk kuliner dan lantai dua untuk jual aksesoris telepon genggam, tempat kuliner yang tak jauh dari pasar barunak aakan digunakan untuk tempt parkir sehingga parkir tidak menggunakan bahu jalan," ujarnya.

Anang juga menambahkan pasar umayyah juga akan difungsikan paling lambat bulan Agustus saat hari jadi Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meninjau pasar ramadhan 1440 H
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meninjau pasar ramadhan 1440 H (Pemkab Tabalong)

Usai memberikan sambutan Anang meninjau para pedagang dan membeli beberapa makanan yang dijual dan sesekali berbincang dengan penjual dan pembeli. Anang juga tampak berbelanja menu makanan dalam jumlah yang cukup banyak.

Terpisah Eny salah satu pedagang itik panggang mengatakan dirinya memang sudah setiap tahun berjualan itik panggang di pasar ramadhan. Sehari hari Eni berjualan di warung kota Tanjung, dirinya membawa serta dua orang anak buahnya untuk membantu melayani pelanggan.

"Lebih laku saat berjualan di pasar ramadhan daripada saat membuka warung dirumah dibulan ramadhan," ujarnya. (AOL)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved