Pemilu 2019

Jelang Deadline Pleno, Begini Suasana Rekapitulasi Hasil Pemilu Kecamatan Martapura

Belum tuntasnya rekapitulasi hasil pemilu di wilayah Kecamatan Martapura. Padahal hari ini, Selasa (07/05/2019) adalah deadline tahapan itu

Jelang Deadline Pleno, Begini Suasana Rekapitulasi Hasil Pemilu Kecamatan Martapura
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SIBUK - Jajaran petugas PPK dibantu operator KPUD Banjar sibuk melakukan rekapitulasi hasil pemilu di wilayah Kecamatan Martapura, Selasa (7/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Aula di lingkungan Kantor Camat Martapura, Kabupaten Banjar, sejak Senin (06/05/2019) malam hingga sore ini masih terus menjadi 'kantor' dadakan kalangan komisioner KPUD Banjar dan jajarannya.

Hal itu menyusul belum tuntasnya rekapitulasi hasil pemilu di wilayah Kecamatan Martapura. Padahal hari ini, Selasa (07/05/2019) adalah deadline tahapan itu karena hari ini juga akan dilakukan pleno hasil pemilu tingkat kabupaten/kota.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat sibuk menuntaskan tugasnya. Mereka dibantu operator dari KPUD Banjar. Ketua KPUD Banjar Muhaimin pun turut menyemangati, termasuk Ketua KPU Kalsel Sarmuji.

Baca: Pemkab Batola Usulkan Pembangunan GOR Tipe B, Ini Fasilitas Olahraga di Dalamnya

Baca: Live Streaming RCTI! Prediksi Skor & Head to Head Liverpool vs Barcelona Semifinal Liga Champion

Baca: Doa Khusus Bulan Ramadhan Agar Dikabulkan, Ini Waktunya

Saksi dari partai politik maupun caleg juga turut datang. Termasuk Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamzidillah berserta jajarannya. Petugas kepolisian juga berjaga-jaga di sekitar lokasi.

"Jumlah TPS di Kecamatan Martapura memang sangat banyak, hampir 400. Jadi, memang pekerjaan teman-teman PPK Martapura cukup berat," ucap Sarmuji.

Ia menegaskan lambannya rekapitulasi di Kecamatan Martapura bukan disebabkan adanya kecurangan sebagaimana isu yang belakangan ini sempat berembus.

"Masalahnya terjadi ketika rekapnya hendak dilakukan secara link antarkomputer. Ternyata ada gangguan sehingga ada sebagian data yang tidak sinkron," jelas Sarmuji.

Karena itu sebagian data harus kembal dicocokkan secara manual dengan membuka kembali lembar rekap hasil coblosan yang tertuang di kertas karton.

Ia optimistis rekap tersebut bisa dituntaskan. "Insha Allah selesai, hari ini juga," tandasnya.

Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tanjidillah yang turut memantau di lokasi juga berharap perekapan tersebut bisa dituntaskan hari ini.

Baca: Ini Niat Puasa Ramadan, Bacaan Doa Sahur dan Doa Buka Puasa Ramadhan 2019 / 1440 H

Baca: Komentar Mengejutkan Nassar Perihal Pernikahan Muzdalifah dan Fadel Islami, Enggan Ikut Campur?

"Memang Kecamatan Martapura ini paling berat. TPS-nya sangat banyak, paling banyak yakni 370. Di kecamatan lain di Banjar yang padat penduduk pun jumlah TPS-nya tak sampai 200 seperti di Kertakhanyar," sebutnya.

Hasil pemantauannya, leletnya rekapitulasin di Kecamatan Martapura memamg disebabkan error link koneksi antarjaringan komputer.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved