Berita Banjarmasin

Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 KPU Kalsel Molor Dari Jadwal, Begini Kendalanya

Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 dalam Rapat Pleno Terbuka oleh KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berlanjut, Rabu (8/5/2019).

Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 KPU Kalsel Molor Dari Jadwal, Begini Kendalanya
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 KPU Provinsi Kalsel, Rabu (8/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 dalam Rapat Pleno Terbuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) masih terus berlanjut, Rabu (8/5/2019).

Dimulai kurang lebih pukul 9.00 WITA, nampaknya proses rekapitulasi tingkat Provinsi Kalsel tidak akan berjalan semulus seperti jadwal yang ditentukan sebelumnya.

Pasalnya hingga pukul 18.00 WITA, Rapat Pleno masih berkutat dengan rekapitulasi penghitungan suara Kabupaten keempat dari total tiga belas Kabupaten/Kota di Kalsel.

Padahal pada jadwal yang ditetapkan sebelumnya, pada pukul 17.15 proses rekapitulasi dijadwalkan sudah selesai untuk lima Kabupaten/Kota.

Baca: Rekap Hasil Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Dimulai, Akhirnya KPU Banjar Serahkan Hasil Rekapitulasinya

Baca: Rapat Pleno KPU Banjar Tuntas, Caleg Terpilih Didominasi Wajah Baru

Namun sejak pagi hingga menjelang sore baru rekapitulasi perhitungan suara dari KPU Tanah Laut (Tala) dan Barito Kuala (Batola) yang sudah rampung, dilanjutkan rekapitulasi suara dari KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Proses rekapitulasi sempat diwarnai kendala pada aspek data Pemilih yang belum dilengkapi pencatatannya oleh petugas KPPS di beberapa hasil rekapitulasi Kabupaten/Kota.

Dijelaskan Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, pihaknya melakukan pencermatan terhadap hal ini untuk menyesuaikan data Pemilih agar sesuai.

Namun, walaupun demikian, Edy tegaskan pencermatan tersebut tidak ada relevansinya dengan hasil perolehan suara.

"Ada beberapa indikator di aspek data Pemilih, mungkin kelelahan dari kawan kawan di tingkat TPS jadi dilakukan pencermatan dan diclearkan di tingkat ini. Hal ini tidak mengganggu hasil, itu murni untuk sinkronisasi dari data pengguna hak pilih berapa, data pemilih berapa dan surat suara yang digunakan berapa," kata Edy.

Proses Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Kalsel di Hotel Rattan Inn Banjarmasin ini direncanakan masih akan dilanjutkan Kamis (9/5/2019). (Banjarmasinpost.co.id/achmad maudhdody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved