Rencana Pemindahan Ibu Kota RI

Rencana Pemindahan Ibu Kota RI, Presiden Jokowi Sebut Keunggulan Wilayah yang Dikunjunginya

Sehari setelah empat gubernur memaparkan kesiapan daerahnya menjadi ibu kota di Jakarta, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi di Kalimantan Timur

Rencana Pemindahan Ibu Kota RI, Presiden Jokowi Sebut Keunggulan Wilayah yang Dikunjunginya
BPost Cetak
BPost edisi cetak Rabu (8/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Sehari setelah empat gubernur memaparkan kesiapan daerahnya menjadi ibu kota di Jakarta, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi di Kalimantan Timur dan mengunjungi Kalimantan Tengah, Selasa (7/5).

Belum diketahui kapan Presiden ke Kalimantan Selatan kendati Gubernur Sahbirin Noor juga memaparkan kesiapan daerah ini di depan Staf Kepresidenan.

Demikian pula ke Sulawesi Barat.

Di Kaltim, Presiden Jokowi meninjau Bukit Soeharto yang berada di Taman Hutan Raya Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.

Peninjauan dilakukan bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit.

Baca: Gaji Pengasuh Anak Meghan Markle dan Pangeran Harry Jauh Kalahkan Presiden Jokowi, Cek Tawarannya!

Baca: Waktu dan Jenis Olahraga Tepat Saat Puasa Ramadhan 1440 H/2019, dari Jalan Santai hingga Bowling

Baca: Netizen Ngaku Serem, Terungkap Tangan Berkulit Hitam Misterius di Foto Nia Ramadhani Milik Orang Ini

Baca: Jadwal Pencairan THR untuk PNS dan TNI/Polri di Lebaran 2019 Ditetapkan, Simak Rinciannya

Baca: Jemaah Masjid Muhammadiyah Rebutan Ingin Foto dengan Presiden, Jokowi Malah Tarawih di Tempat Ini

Di sana, presiden mendapatkan pemaparan dari Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim Zairin Zain.

"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji, yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur, yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," ujar Jokowi mengawali penjelasannya kepada para jurnalis.

Setelah mempelajari lokasi, Presiden menyebut wilayah yang dikunjunginya itu memiliki sejumlah keunggulan.

"Di sini saya melihat semuanya sangat mendukung. Kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Kemudian kalau kita lihat di Balikpapan ada airportnya, Samarinda juga ada airportnya. Sudah enggak buat airport lagi, sudah ada dua. Pelabuhan juga sudah ada," katanya.

Meski demikian, Presiden menegaskan pemindahan dan penyiapan ibu kota baru tidak hanya berkutat pada kesiapan infrastruktur.

"Kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur. Ada kajian sosial-politiknya seperti apa. Ini yang perlu dipertajam. Kemudian urusan lingkungan dan kebutuhan air seperti apa. Apakah jauh dari sisi kebencanaan entah banjir atau gempa bumi," ucapnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved