Berita Kotabaru

Satlantas Polres Kotabaru Amankan 7 Unit Kendaraan Balapan Liar di Hari Ketiga Ramadhan 2019

Memasuki bulan Ramadan ini, ternyata justru dimanfaatkan sebagian anak muda dengan hal negatif yakni balapan liar di wilayah Kotabaru.

Satlantas Polres Kotabaru Amankan 7 Unit Kendaraan Balapan Liar di Hari Ketiga Ramadhan 2019
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kasat Lantas Polres Kotabaru AKP Lendra Ambarsari SIK menunjukkan kendaraan milik para pembalap liar yang diamankan anggotanya, Rabu (8/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Memasuki bulan Ramadan ini, ternyata justru dimanfaatkan sebagian anak muda dengan hal negatif yakni balapan liar di wilayah Kotabaru.

Bahkan masyarakat banyak yang mengeluhkan itu. Terkait hal itu, jajaran Satlantas Polres Kotabaru melakukan penertiban dan sering patroli wilayah, terutama dimalam hari.

Setidaknya dihari ke 3 Puasa Ramadhan, saat ini jajaran Satlantas Polres Kotabaru sudah mengamankan 7 unit sepeda motor. Sepeda motor tersebut dipreteli dan sebagian menggunakan knalpot rakitan yang bikin bising telinga.

Kini semuanya terparkir dan dirantai di tempat parkir di Halaman Satlantas di Polres Kotabaru. Semua kendaraan itu ditahan dan dikenakan tindakan berupa tilang.

Aktivitas balap liar itu banyak dilakukan diwilah Siring Laut Kotabaru depan perkantoran Bupati Kotabaru dan di Jalan Raya depan Gor Indoor Kotabaru. Rata-rata aksi balapan liar itu dilaksanakan dari pukul 23.00 hingga pukul 02.00 dinihari.

Baca: Kebakaran di Camara Raya Banjarmasin Utara, Syok Seorang Karyawan Alfamart Pingsan

Baca: PPK UN Provinsi : Nilai UNBK SMA/SMK se-Kalsel Rerata Alami Peningkatan, Matematika Masih Rendah

Baca: Sanah Penderita Kanker Payudara Aluh-aluh, Mulai Jalani Kemoterapi di RSUD Ulin, Segini Lamanya

Pelakunya kebanyakan anak pelajar yang tengah libur sekolah. Mereka memanfaatkan untuk begadang dan balapan liar di dua tempat yang sering digunakan tersebut saat suasan sepi.

Kasat Lantas Polres Kotabaru AKP Lendra Ambarsari SIK, Rabu (8/5/19) mengatakan sejumlah sepeda motor tersebut diamankan dan ditilang. Selanjutnya, nanti akan disidangkan dipengadilan Negeri Kotabaru.

"Jadi benar, pelakunya itu rata-rata anak yang masih pelajar. Sepeda motor yang digunakan juga tidak menggunakan knalpot standar namun sudah diganti dan dimodif, " katanya.

Lendra juga mengatakan, warga banyak mengeluhkan karena aksi balapan liar tersebut. Balap liar ini juga menjadi attensi Polres dan Polda Kalsel di Operasi Keselamatan Intan 2019 yang sedang berlangsung.

"Kami mengimbau agar msyarakat tidak melakukan balapan liar, sebab bila mengalami kecelakaan akan berakibat buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Terutama bagi pelajar, bila kecelakaan langsung meninggal kasihan orangtua dan begitubpula bila kecelakaan dan kemudian cacat, akan rugi sendiri karena masa depan kalian masih panjang, " katanya.

Balap liar tersebut berdampak buruk bagi orang lain dan berpotensi terjadinya kecelakaan bagi diri dan orang lain. Balap liar ini juga menjadi bagian sasaran pelaksanaan Operasi Keaelamatan Intan 2019.

"Selain itu sasaran operasi keselamatan adalah menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, mengendarai sepeda motor dalam keadaan mabuk dan anak yang mengendarai di bawah umur, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved