Berita HSS

Tinggal 14.281 Penduduk Wajib KTP Belum REkam E-KTP, Disdukcapil Gelar Perekaman Keliling

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hulu Sungai Selatan, telah menyelesaikan KTP Elektronik 161.967 penduduk HSS dari 176.246 wajib KTP.

Tinggal 14.281 Penduduk Wajib KTP Belum REkam E-KTP, Disdukcapil Gelar Perekaman Keliling
HO/Disdukcapil HSS untuk banjarmasinpost.co.id
Kegiatan perekaman KTP E di Kampus STAI Darul Ulum Kandangan, Kabupaten HSS, oleh Tim Keliling dari Disdukcapil HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hulu Sungai Selatan, telah menyelesaikan  KTP Elektronik 161.967 penduduk HSS dari 176.246 wajib KTP, hingga 30 April 2019. Adapun jumlah penduduk HSS, 241.094 jiwa, sehingga tinggal 14.281 orang wajib KTP yang belum melakukan perekaman biometric.

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Disdukcapil HSS, Hairin Fahmi, kepada banjarmasinpost.co.id ditemui Rabu (8/5/2019) menjelaskan, mereka yang belum melakukan perekaman atau pemindaian bimetrik tersebut ada berbagai kemungkinan.

Antara lain karena uzur, sakit yang lama, serta kurang ingatan atau gangguan jiwa. Menindaklanjuti Surat Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil 18 Maret 2019 lalu, perihal penuntasan perekaman dan Pencetakan KTP-E, Disdukcapil HSS pun melaksanakan perekaman keliling.

Baca: Bayi Tri Ramadhan yang Ditemukan di Kebun Cempedak Lianganggang, Banyak yang Ingin Diadopsi

Hairin menjelaskan, Sejak Januari hingga 10 April 2019, perekaman keliling dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kandangan. Kemudian perekaman goes to campus dan sekolah-sekolahsejak 12 sampai 28 Maret 2019, antara lain ke STAI Darul Ulum dan SMAN 1 SImpur.

“Sedangkan bagi penduduk yang tidak mampu datang ke Kantor Disdukcapil maupun Kantor Kecamatan yang melayani KTP-E, kami mendatangi desa-desa yang bersangkutan yang programnya sejak 7 Februari 2019 lalu sampai 2 April 2019,”kata Hairin.

Adapun pelayanan perekaman dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya di tempat pelayanan yang lokasinya jauh dari kantor Disdukcapil, dilaksanakan setiap hari kerja, yaitu di Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat serta Kecamatan Loksado.

Baca: Ini Dia Penyebab Kaki Kanan Khotim Warga Banjar Terserang Kanker Ganas, Awalnya Cuma Keseleo

Diharapkan pelayanan keliling tersebut mempercepat penuntasan perekaman dan pencetakan KTP-E. Sedangkan bagi masyarakat wajib KTP yang belum melakukan perekaman namun mampu datang ke Kantor Disdukcapil, diimbau untuk datang pada jam kerja.

“Sebab, untuk ketersediaan blanko dan peralatan lainnya tak ada hambatan. Masyarakat juga tak butuh waktu lama mendapatkan KTP E. Jika sudah selesai pemindaian biometric, dan proses pengiriman data ke server pusat lancar, paling lambat lima menit selesai.

Demikian pula proses cetaknya, paling lama butuh waktu lima menit selesai. Jadi masyarakat yang ngurus KTP tak perlu bolak balik ke kantor Dukcapil,”kata Hairin.   

Hairin juga menegaskan, tak ada pungutan biaya apapun dalam pembuatan KTP-E, sehingga tak ada alasan bagi wajib KTP untuk tak memiliki KTP E bagi yang mampu datang sendiri ke Kantor Dukcapil.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved