Harga Bawang Putih di Kalsel

Harga Bumbu Dapur Ini Melambung di Awal Ramandhan 2019, Kalsel Minta Bawang Putih Impor

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani mengatakan saat ini harga bawang putih di pasaran tembus Rp 60.000 per kilogram.

Harga Bumbu Dapur Ini Melambung di Awal Ramandhan 2019, Kalsel Minta Bawang Putih Impor
capture/BPost Edisi cetak
Banjarmasin Post Edisi Kamis 9 Mei 2019, Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani mengatakan saat ini harga bawang putih di pasaran tembus Rp 60.000 per kilogram. Padahal biasanya Rp 20 ribu-Rp 25 ribu per kilogram.

“Naiknya bawang putih ini menjadi perhatian kami karena merupakan salah satu bahan pokokmasyarakat, terutama Ramadan ini,” ujarnya.

Birhasani mengatakan pihaknya mendesak masuknya bawang putih impor ke Kalsel. “Kami sudah menyampaikan hal ini ke Kementerian Perdagangan. Kami minta agar bawang putih segera dikirimkan ke Kalsel,” ujarnya.

Saat ini bawang putih impor sudah masuk Indonesia. Kementerian Perdagangan sedang menghitung jatah setiap provinsi. “Kami mengharapkan kementerian mendahulukan Kalsel,” ujarnya.

Baca: Bawang Putih Di Katabaru Tembus Rp 80 Ribu Per Kg, Usuf Hanya Berani Jual Bawang Merah

Baca: Naik dari Rp 30 Ribu menjadi Rp 80 Ribu per Kg, Pedagang di Kalsel Waswas Menyetok Bawang Putih

Sementara untuk bawang merah, menurut Birhasani, tidak ada masalah baik harga maupun pasokannya.

“Bahkan di pasaran dari sebelumnya Rp 36 ribu per kilonya berangsur turun hingg menjadi Rp 33.000 per kilonya,” ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel mencatat, angka inflasi Kalsel pada April 2019 mencapai 0,94 persen. Naik cukup signifikan dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 0,25 persen. Banjarmasin menjadi yang tertinggi di tingkat antar kota regional Kalimantan.

Kepala BPS Kalsel Diah Utami mengatakan tingginya inflasi di Kota Banjarmasin pada April dipengaruhi oleh adanya kenaikan indeks harga pada sejumlah kelompok pengeluaran. Yakni, kelompok bahan makanan sebesar 1,38 persen.

Sedangkan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kota Banjarmasin antara lain; angkutan udara, beras, bawang merah, sewa rumah dan bawang putih.

"Inflasi pada Ramadan dikhawatirkan semakin tinggi, apabila harga-harga komoditas tambah mahal," katanya. (rii/hid/sah/nia/naa/kur/has/dwi/wie)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved