10 Besar Peraih UNBK Tertinggi se Kalsel

Marshella Gemetar Raih Nilai Tertinggi, Hasil UNBK Kalsel Diumumkan Serampak Senin (13/5/2019)

Anak kedua dari tiga bersaudara ini menjelaskan, belajar menjadi kunci dirinya hingga bisa memperoleh nilai tinggi di UNBK.

Marshella Gemetar Raih Nilai Tertinggi, Hasil UNBK Kalsel Diumumkan Serampak Senin (13/5/2019)
capture/banjarmasin post
Banjarmasin Post Edisi Kamis, 9 Mei 2019, Halaman 9 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tidak menyangka. Itulah yang diungkapkan Niluh Made Marshella Dea Alifha setelah dinyatakan mempunyai nilai tertinggi pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA di Kalsel 2019. Nilai yang dia torehkan yakni total 384.50.

Siswi SMA Banua ini mengaku awalnya tidak sadar kalau tertinggi se-Kalsel. Mulanya dia diberi tahu guru bahwa nilainya tinggi, bahkan se-SMA Banua saja. Dirinya pun makin penasaran.

"Ternyata pas ada pengumuman nilai saya malah tertinggi se-Kalsel. Se-kabupaten kota saja sudah seneng banget, gak nyangka. Pas tau se-kalsel juga paling tinggi, aduh, sampai gemetaran tangan saya baca pengumuman di hp-nya," kata gadis yang akrab disapa Marshella, ini, Rabu (8/5).

Anak kedua dari tiga bersaudara ini menjelaskan, belajar menjadi kunci dirinya hingga bisa memperoleh nilai tinggi di UNBK. Bagaimana belajarnya? Menurut Marshella, dirinya belajar dengan mengikuti sistem belajar yang sudah di atur di SMA Banua.

Baca: Hasil UNBK 2019 SMA/SMK Se Kalsel Diumumkan Senin (13/5), Nilai Rata-rata Naik, Ini Daftar 10 Besar

"Pagi, siang sampe sore belajar di sekolah kan. Terus ada lagi yang namanya etut atau belajar mandiri pas pagi sebelum masuk belajar pagi, sore sepulang sekolah, dan malam setelah salat Isya. Nah, sepulang belajar mandiri itu saya juga nambah belajar mandiri lagi di kamar, biasanya sampe saya ketiduran di kasur belajarnya, itu cara belajar belajar saya. Kalau kiat-kiat belajarnya, banyak-banyak positive thinking aja biar gak cepat bosan dan jenuh pas belajar, " lontar warga Sukamara RT 6, RW, Landasan Ulin Utara, Liang Anggang, Banjarbaru ini.

Jika dilihat dari hasil UNBK, Marshella mempunyai dua nilai 100 pada mata pelajaran Fisika dan Bahasa Inggris.
Menurut Marshella, memang kedua bidang studi itu dia sukai sejak awal.

"Saya memang suka dua mata pelajaran itu, matematika saya juga suka. Tapi memang saya lumayan sering saya juara kelas sejak dari kelas 10," tandasnya.

Dari laporan di sekolah, Marshella ini selain menyukai Fisika, dia juga sering ikut lomba dan menjadi juara.

Anak anggota Polres Banjarbaru ini pernah meraih juara 3 OSN Astronomi tingkat kabupaten tahun 2017, juara 2 OSN Astronomi tingkat kabupaten tahun 2018, juara 2 OSN Astronomi tingkat provinsi 2018 dan juara 2 Olimpiade Pahlawan tahun 2017.

Baca: Hanya Terpaut Koma, Naufal Arkan Jadi Terbaik Kedua UNBK SMA Se Kalsel, Berkeinginan Masuk STAN

Diakui Marshella, orangtuanya sangat mendukungnya dalam segala aktivitas positif yang ia lakukan, begitu juga guru guru di sekolahnya.

Namun ada satu harapan yang pupus, dia tidak lulus saat mengikuti seleksi Akademi Kepolisian (Akpol).

"Kemarin saya sempat coba tes Akpol, tapi sudah gugur di tes kesehatan pertama. Sekarang saya sudah diterima di Kedokteran Gigi ULM lewat jalur SNMPTN. Karena itu, rencananya saya mau lanjutin kuliah di ULM. Alhamdulillah dengan bantuan guru-guru dan orangtua saya, saya bisa mencapai prestasi ini," lontarnya.

Dia mengaku akan terus belajar dan belajar sampai di perkuliahan nanti. "Ya semoga ada jalannya. Dan Saya harap saya bisa terus meningkatkan prestasi saya ini," sebutnya.

Ya, pengumuman kelulusan UNBK 2019 ini serentak akan diumumkan pada Senin (13/5). Namun sudah diumumkan untuk 10 peraih nilai tertinggi UNBK SMA tahun ini. (lis)

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (9/5/2019)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved