Berita Banjarbaru

Sehari Masa Pendaftaran Murid Baru, Semua SD di Banjarbaru Diserbu Para Pendaftar

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) wilayah Kota Banjarbaru hanya dilaksanakan satu hari, Kamis, (9/5).

Sehari Masa Pendaftaran Murid Baru, Semua SD di Banjarbaru Diserbu Para Pendaftar
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Saat pengarahan pendaftaran murid baru di SDN Loktabat Banjarbaru, Kamis (9/5/2019) 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) wilayah Kota Banjarbaru hanya dilaksanakan satu hari, Kamis, (9/5).

Mengingat hanya satu hari pelaksanaan PPDB, para orang tua siswa langsung melakukan pendaftaran anak mereka sesuai dengan zonasi tempat tinggal mereka.

"Pelaksanaan pendaftaran masih tertib. Tidak membladak. Tadi melakukan pendaftaran anak ke SDN 4 Loktabat Utara," kata Wawan, Kamis, (9/5).

Sejak pagi dirinya bersama dengan anaknya mendaftarkan agar tidak terlalu lama antrean.

"Semoga anak bisa diterima di sekolah ini. Memilih sekolah ini, karena lokasinya tidak jauh dari rumah," katanya.

Kepala SDN 4 Loktabat Utara Hj Dwi Rahayu mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB berlangsung lancar dan tertib.

Baca: SESAAT LAGI Waktu Berbuka! Jadwal Buka Puasa 4 Ramadhan 1440 H/9 Mei 2019 Jakarta dan Kota Lainnya

"Kuota kita 53 siswa, sementara yang daftar 62 siswa. Besok kita akan rapatkan dan tentunya siswa yang diterima sesuai juknis dan arahan dinas
pendidikan yang mengutamakan alamat terdekat dan syarat ketentuan umur," katanya.

Sebelum proses pendaftaran berlangsung, dikatakannya bahwa pihaknya juga memberikan arahan kepada orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya.

"Bahwa seleksi yang diutamakan adalah alamat dan umur bukan masalah anak sudah pintar baca tulis atau tidak," tambahnya.

Suasana pendafatan murid baru di SDN Loktabat Banjarbaru
Suasana pendafatan murid baru di SDN Loktabat Banjarbaru (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Edy Yuana Pribadi mengatakan pendaftaran PPDB SD hanya satu hari yakni pada 9 Mei mendatang dengan sistem zonasi, sesuai dengan alamat siswa terdekat.

"Secara keseluruhan proses PPDB berlangsung lancar dan tertib. Pada 10 Mei besok dilakukan rapat koordinasi dan seleksi panitia PPDB dan pada 11 Mei akan dilakukan pengumuman hasil PPDB," katanya.

Baca: Marshella Gemetar Raih Nilai Tertinggi, Hasil UNBK Kalsel Diumumkan Serampak Senin (13/5/2019)

Untuk persyaratan PPDB SD secara umum di Banjarbaru disebutkannya yakni untuk usia 7 - 12 tahun wajib diterima, Usia minimal 6 tahun berhak diterima, selama kuota masih belum terpenuhi.

Usia minimal 5 tahun 6 bulan berhak diterima, setelah mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Bisa Mengikuti Pembelajaran dari Psikolog Profesional.

Tidak diwajibkan seleksi baca, tulis, hitung dan tidak diwajibkan mengikuti TK, tetapi jika sudah lulus TK bisa melampirkan ijazah TK.

"Untuk teknisnya memang diserahkan ke sekolah masing-masing. Untuk usia lima tahun enam bulan dan usia enam tahun bisa dilakukan bila kuota belum terpenuhi," katanya. (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved