Berita HSU

Sidak Pasar Wadai di Tabalong, BPOM Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya Pewarna Tekstil

Total 61 sampel dimana hasil pemeriksaan didapat hasil 54 sampel MK (Memenuhi Ketentuan) 7 sampel TMK (Tidak Memenuhi Ketentuan) .

Sidak Pasar Wadai di Tabalong, BPOM Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya Pewarna Tekstil
istimewa
Petugas BPOM di HSU periksa makanan di pasar Ramadan di Tabalong dan temukan makanan yang menggunakan makanan berpewarna tekstil 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Setelah melaksanakan giat pengawasan makanan yang dilakukan pada Rabu (8/5/2019), maka pada Kamis (9/5/2019) sore petugas Kantor BPOM di Hulu Sungai Utara (HSU) kembali melakukan giat.

Bersama petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong petugas melakukan sampling Wadai di Pasar Wadai Kabupaten Tabalong.

Kepala Kantor Badan POM di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Bambang Hery Purwanto S.Farm, Apt kepada Banjarmasinpost.co.Id, Kamis (9/2/2019) sore kembali mengungkapan di hari Kamis atau kedua ini (9/5/2019) sore pihaknya melakukan pengambilan sampling di Pasar Wadai Kabupaten Tabalong.

Baca: Jadwal Libur & Cuti Lebaran 2019 Dibocorkan Kepala BKN, Cek Juga Waktu Pencairan THR PNS, TNI, Polri

Baca: Daftar 5 Makanan Sahur untuk Cegah Sakit Kepala Saat Puasa Ramadhan 1440 H, Mulai Buah & Sayuran

Baca: Aliansi BEM se Kalsel Datangi KPU Kalsel, Sempat Terjadi Aksi Dorong-dorongan dengan Polisi

Yakni di Pasar Kelua, dan Pasar Banua Lawas dimana disini pihaknya mengambil total 61 sampel dimana hasil pemeriksaan didapat hasil 54 sampel MK (Memenuhi Ketentuan)  7 sampel TMK (Tidak Memenuhi Ketentuan) .

Dimana yang TKM karena positif mengandung bahan berbahaya pewarna tekstil Rhodamin B.
Antara lain 2 kerupuk, 1 harum manis, 2 dawet warna pink, dan 2 sirup merah.

Sebelumnya untuk hari pertama Hari pertama yakni Rabu ( 8/5/2019) petugas melakukan pemeriksaan di di Pasar Wadai di Kabupaten Tabalong seperti Murung Pudak, Samsat, Mabu'un (expo), Muara Uya, Pasar Ramadhan Plaza Barunak, dan Pasar Kapar.

"Jumlah sampel 103 sampel hadilnua99 sampel MS (Memenuhi Ketentuan)  4 sampel TMK (Tidak Memenuhi Ketentuan) karena positif mengandung bahan berbahaya pewarna tekstil Rhodamin B, yakni. sirup 2, mutiara 1 agar-agar 1," paparnya sebelumnya.

Baca: Kecemburuan Nagita Slavina pada Kakak Krisdayanti, Yuni Shara Diungkap Mertua Raffi Ahmad

Baca: Banjarbaru Raih 10 Besar Terbaik Nasional Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Daerah 2019

Kegiatan ini yakni khsus pengawasan pasar wadai Ramadhan se indonesia dimana Langsung di uji menggunakan mobil labotarium keliling kantor BPOM di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Menurutnya untuk pedagang yang menjual wadai mengandung bahan berbahaya diberi peringatan dan dikakukan pembinaan untuk mengganti pewarna tekstil rhondamin B denhan pewarna makanan yang sudah ada ijin BPOM.(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved