Berita Kabupaten Banjar

Sinyal BTS di Pedalaman Banjar Lemah, Kadis KISP Banjar Farid Soufian Segera Surati Pihak Ini

Penuturan sejumlah warga setempat, signal (sinyal) masih turun naik. Dampaknya, percakapan melalui telepon selular pun kerap tersendat.

Sinyal BTS di Pedalaman Banjar Lemah, Kadis KISP Banjar Farid Soufian Segera Surati Pihak Ini
HO/Diskominfo Banjar
Gubernur H Sahbirin Noor meresmikan pengoperasionalan BTS di Desa Paramasanbawah, Kecamatan Paramasan, Minggu (07/04/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Wilayah pedalaman Kabupaten Banjar seperti di Desa Paramasanbawah dan Paramasanatas, Kecamatan Paramasan, kini memang telah berdiri based transciver station (BTS). Namun lalu lintas komunikasi nirkabel belum lancar.

Penuturan sejumlah warga setempat, signal (sinyal) masih turun naik. Dampaknya, percakapan melalui telepon selular pun kerap tersendat.

"Masih lemah sinyalnya. Kadang suaranya tak jelas bahkan kadang terputus saat sedang berteleponan," ucap Madi, warga Paramasan saat berada di Martapura, Kamis (09/05/2019).

Itu pun saat ingin berteleponan, sebutnya, mesti mendekat ke sekitar tower BTS pada radius tak lebih dari 100-200-an meter. Selebihnya masih cukup sulit mendapatkan sinyal yang memadai.

Baca: Pemkab Kotabaru Akhirnya Proseskan Tunjangan Dokter Sesuai Tuntutan IDI Kotabaru

Ia berharap pemerintah segera turun tangan untuk memperkuat jaringan nirkabel setempat. Pasalnya saat ini komunikasi yang cepat dan lancar telah menjadi kebutuhan hidup dan juga berimbas pada akrivitas atau usaha.

"Kemarin kan Paman Birin (Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor) sudah datang ke Paramasan meresmikan BTS. Harapan kami tentu sinyalnya ditingkatkan lagi kekuatannya," harapnya.

Pada Minggu 7 April 2019 lalu, Paman Birin memang telah meresmikan BTS di Desa Paramasanbawah. Itu adalah seremoni peremian empat unit BTS di wilayah pedalaman Banjar yang baru selesai dibangun.

Pembangunan BTS pedalaman itu hasil kerjasama antara Dinas Komunikasi, Informatik, Statistik dan Persandian (KISP) Banjar dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informatika (BAKTI), Kementerian Kominfo.

Bupati Banjar Khalilurrahman saat mencoba jaringan telepon beberapa waktu lalu
Bupati Banjar Khalilurrahman saat mencoba jaringan telepon beberapa waktu lalu (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Pada pengujung 2018 telah berhasil membangun empat unit BTS. Lokasinya yakni di Desa Kiram (Kecamatan Karangintan), Rantaubalai (Aranio), dan di Paramasanatas serta Paramasanbawah (Paramasan).

Baca: SESAAT LAGI! Jadwal Buka Puasa 4 Ramadhan 1440 H/9 Mei 2019 Jakarta, Surabaya dan Kota Lainnya

Pada tahap awal, layanan yang diberikan masih sebatas untuk keperluan menelepon dan mengirim SMS (short message service). Namun selanjutnya kelak jika pengguna makin banyak layanan akan ditingkatkan seperti untuk internetan.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved