Mitos Mahluk Gaib Penunggu Pohon

Buah Pisang Manggala Dikenal Khas Berbiji, Konon Dua Mahluk Gaib Ini Suka di Pisang Klutuk Ini

Tapi dalam khazanah dunia mistik, pohon pisang adalah salah satu pohon yang disukai mahluk gaib alias jin untuk tinggal atau sekadar singgah

Buah Pisang Manggala Dikenal Khas Berbiji, Konon Dua Mahluk Gaib Ini Suka di Pisang Klutuk Ini
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Pisang Manggala atau dikenal Pisang Klutuk dipercaya disukai dua jenis mahluk gaib ini 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pisang termasuk buah yang banyak disuka, selain rasanya yang manis juga banyak khasiat kesehatan karena mengandung sejumlah vitamin.

Pohon pisang yang tumbuh berdekatan juga sering diambil daunnya untuk dijadikan pembungkus makanan dan kegunaan lain.

Tapi dalam khazanah dunia mistik, pohon pisang adalah salah satu pohon yang disukai mahluk gaib alias jin untuk tinggal atau sekadar singgah.

Apa jenis jin yang suka pohon pisang? Tak lain adalah kuntilanak dan juga pocong. Tak sedikit orang yang menyatakan pernah melihat penampakan kedua mahluk gaib itu pada pohon ini.

Baca: Ramadhan 1440 H, Menangis Bisa Membatalkan Puasa?, Begini Penjelasannya

Baca: Antisipasi Lonjakan Penumpang pada Puncak Arus Mudik, Lion Air Group Tambah 62 Penerbangan

Baca: Hasnur Curhat Soal Kondisi Stadion 17 Mei, Siap Kelola dan Bangun Fasilitas Dengan Dana Pribadi

Ardy, warga Jl Manggis, Banjarmasin, mengatakan, ia pernah melihat kelebatan bayangan putih di pohon pisang dekat rumahnya tatkala malam hari.

"Sosok itu berwarna putih, hanya saja saya tak sempat melihat jelas rupa wajah sosok itu. Ternyata tak hanya saya, ada tetangga mengatakan juga pernah melihat hal serupa," ungkapnya.

Atas fenomena aneh itu, Ardy pun teringat nasihat orangtua dulu, bahwa dilarang menamam pohon pisang di halaman depan rumah.

"Konon, jika pantangan itu dilanggar, maka rumah tersebut akan terpapar energi negatif karena mahluk tak kasat mata suka berada di pohon pisang," terangnya.

Muhammad Khairuddin alias Bang Muhammad, praktisi supranatural di Banjarmasin, menerangkan, sebenarnya tidak semua pohon pisang yang disuka mahluk halus.

"Jenis disuka jin itu pohon pisang manggala. Terutama untuk pohonnya yang tumbuh serumpun bergerombol," terangnya.

Baca: Safari Ramadhan 1440 H, Bupati H Sukamta Bersilaturahmi di Mesjid Tsamaratul Jihad dan Berikan Ini

Baca: Nyaman untuk Berteduh, Begini Mitos Pohon Ketapang

Pisang manggala atau klutuk ini berciri khas banyak bijinya. Makanya pisang manggala biasa disebut juga pisang raja biji. Daunnya yang lebar, mengkilat dan liat tak mudah sobek sangat bagus untuk membungkus makanan.

"Pohon pisang manggala ini memang aneh atau ganjil. Jika setelah ditebang, kemudian di bagian batang tebangan tutupi dengan piring, maka kalau ada penunggunya piring itu akan berputar," jelasnya.

Selanjutnya pohon yang juga sering kita temukan dan ternyata disuka mahluk gaib adalah bambu. Bagaimana kisahnya? Mari kita terus lanjut tulisan berikutnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved