Berita Banjar

Dikabarkan untuk Caleg Stres, Begini Fakta Penghuni Ruang Tenang di Rumah Sakit Ini

Pembangunan gedung baru yang dirancang dengan desain khusus di lingkungan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum

Dikabarkan untuk Caleg Stres, Begini Fakta Penghuni Ruang Tenang di Rumah Sakit Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
TENANG - Sejumlah pasien jiwa RSJ Sambang Lihum menjalani pemeriksaan kesehatan di Ruang Tenang, Jumat (10/05/2019) siang. Kondisi kejiwaan merekan mulai tenang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Beberapa waktu lalu menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak 17 April 2019 lalu, santer beredar kabar ada ruangan khusus untuk menampung calon anggota legislatif (caleg) stres.

Kabar tersebut memang berbarengan dengan rampungnya pembangunan gedung baru yang dirancang dengan desain khusus di lingkungan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di kawasan Jalan Gubernur Syarkawi, Gambut, Kabupaten Banjar.

Bangunan dua lantai yang berada di belakang gedung kantor RSJ tersebut diresmikan pejabat Pemprov Kalsel mewakili Gubernur Sahbirin Noor pada pekan keempat April lalu.

Meski manajemen rumah sakit milik Pemprov Kalsel tersebut beberapa waktu lalu telah menyatakan gedung baru tersebut bukan dikhususkan untuk caleg stres. Tapi, tetap saja spekulasi tersebut berembus. Apalagi gedung baru tersebut dinamai Ruang Tenang.

Baca: Gelar Safari Ramadan 1440 H, Bupati Kotabaru Berikan Bantuan Masjid dan Langgar

Baca: Pemindai Jari Terkoneksi Langung ke Kementerian, Sanksi bagi Guru yang Tidak Disiplin

Baca: Sekolah Harus Membeli Alat Pemindai Jari dengan Dana BOS, Diknas Banjarmasin Sarankan ini

Pantauan BPost Online, Jumat (10/05/2019) siang, gedung berwarna putih tersebut mulai ramai. Beberapa perawat dan mahasiswa magang sibuk beraktivitas di situ.

Tampak pula beberapa lelaki berbusana seragam, ada yang berwarna biru muda dan sebagian berwarna kecokelatan. Ada yang duduk melantai di atas lantau berwarna putih susu mengkilap, ada pula yang duduk berhadapan dengan petugas medis di meja.

"Para pasien itu sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Itu kegiatan rutin," tutur Julianta, humas RSJ Sambang Lihum.

Selain perawat RSJ, sebutnya, ada beberapa mahasiswa magang yang bertugas membantu melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ia menuturkan di Ruang Tenang tersebut saat ini ada sebanyak 46 orang pasien gangguan jiwa. Mereka adalah pasien yang kondisi kejiwaannya mulai stabil yang sebelumnya dirawat di Ruang Tenang yang lama yang bakal segera direnovasi. Itu sebabnya pasien dipindah ke Ruang Tenang yang baru.

Baca: Buah Pisang Manggala Dikenal Khas Berbiji, Konon Dua Mahluk Gaib Ini Suka di Pisang Klutuk Ini

Baca: Mudik Lebih Awal Menghindari Lonjakan Harga Tiket Kapal Laut, Segini Tarif Tiket PT DLU

"Hingga saat ini tidak ada pasien dari kalangan caleg. Itu mungkin artinya berdemokrasinya sudah bagus, benar-benar siap menang siap kalah sehingga tak sampai stres meski gagal," ucap Julianta.

Dirut RSJ Sambang Lihum dr H IBG Dharma Putra MKM menegaskan hal serupa. "Memang hingga sekarang ini tidak ada pasien dari kalangan caleg..di Ruang Tenang itu semuanya pasien jiwa," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved