Mitos Mahluk Gaib Penunggu Pohon

Miliki Banyak Kegunaan, Rumpun Bambu Ternyata Kesukaan Mahluk Gaib Ini

Dibalik ragam manfaat bambu, tak dinyana secara mistis ternyata rumpun pohon bambu adalah tempat kesukaan jin untuk tinggal.

Miliki Banyak Kegunaan, Rumpun Bambu Ternyata Kesukaan Mahluk Gaib Ini
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Rumpun Bambu yang mitosnya disukai jin genderuwo 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bambu banyak gunanya. Bambu besar bisa menjadi tiang atau bahan bangunan, juga rakit di sungai. Bambu kecil bisa dijadikan joran untuk mancing ikan atau jadi alat makan berupa sumpit dan tusuk sate atau tusuk gigi.

Bambu ukuran sedang kerap dipotong dan dibelah untuk berbagai keperluan, jadi dinding bangunan atau gedek, bisa juga menjadi perabot rumah tangga atau furnitur.

Dibalik ragam manfaat bambu, tak dinyana secara mistis ternyata rumpun pohon bambu adalah tempat kesukaan jin untuk tinggal.

Bagi sebagian orang Indonesia, pohon bambu memang sudah identik dengan berbagai mitos.

Baca: Sekolah Dasar ini Sudah Ujicoba Absen Pemindai Jari Sejak Bulan Lalu, Begini Kata Kepsek

Baca: Respons Positif Para Kepala Sekolah Penggunaan Absen Pemindai Jari

Baca: Gelar Safari Ramadan 1440 H, Bupati Kotabaru Berikan Bantuan Masjid dan Langgar

Ya, selain dijadikan hiasan, pohon bambu juga diketahui menjadi salah satu rumah bagi mahluk gaib. Terlebih pohon bambu biasa (umumnya hijau), bukan jenis bambu kuning.

Apa mahluk gaib yang suka rumpun bambu? Mahluknya tinggi besar menjulang, hitam dan bermata merah, kesukaannya menduduki puncak pohon ini. Itulah genderuwo.

Muhammad Khairuddin alias Bang Muhammad, praktisi supranatural di Banjarmasin, menjelaskan, mahluk gaib yang juga suka rumpun bambu adalah kuntilanak.

"Pohon bambu juga disukai kuntilanak dan dijadikan sebagai tempat tinggalnya," terang pria yang sering tampil di TV swasta lokal dalam acara bertema mistis ini.

Kenapa suka dirumpun bambu? Seperti dinyatakan Bang Muhammad sebelumnya bahwa para jin suka dengan pohon yang rimbun apalagi pohon tua.

Pantangan orangtua dulu, anak-anak dilarang bermain-main di dekat rumpun bambu apalagi saat Maghrib, sebab khawatir terjadi hal tak diinginkan.

Baca: Kecemburuan Ivan Gunawan Pada Ayu Ting Ting yang Rahasiakan Foto Shaheer Sheikh

Berbeda bambu kuning yang dipercayai sebagian orang sebagai pembawa energi positif dan juga dipercaya mampu menangkal sihir-sihir.

Selanjutnya, kejadian apa yang bisa terjadi jika melakukan sesuatu terhadap pohon yang ada penunggunya? Mari kita simak pengalaman beberapa orang dalam tulisan berikutnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved