BPost Cetak

Pemudik Terlihat di Pelabuhan

Meski Lebaran masih sekitar empat pekan lagi, arus mudik di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih mulai terlihat.

Pemudik Terlihat di Pelabuhan
Banjarmasinpost
Banjarmasinpost Edisi Jumat (10/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski Lebaran masih sekitar empat pekan lagi, arus mudik di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih mulai terlihat.

Hal itu terbukti dengan banyaknya calon penumpang pada Kamis (9/5). Ada sekitar 200 orang yang menggunakan Kapal Motor Mila Utama menuju Surabaya sekitar pukul 14.00 Wita.

Hal tersebut dibenarkan petugas piket Kesyah­bandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin, Adi, Kamis sore.

“Betul, penumpang arus mudik sudah mulai terlihat. Sebelum Ramadan hanya sekitar 100 penumpang. Hari ini ada lebih dari 200 penumpang. Lonjakan penumpang mungkin terjadi pada tanggal 20 ke atas,” katanya.

Adi memperkirakan sudah naiknya penumpang kapal laut karena mahalnya tiket pesawat. Selain itu penumpang berangkat lebih awal untuk menghindari melonjaknya harga tiket kapal laut. Apalagi ada rencana agen menaikkan harga tiket secara bertahap.

“Agen kapal penumpang akan menaikan harga tiket pada minggu kedua, ketiga dan keempat Ramadan. Setelah Lebaran harga tiket akan dinormalkan kembali,” ujarnya.

Baca: Lion Tambah Penerbangan, Nam Air Buka Rute ke Solo

Baca: Tertibkan Bangunan Liar di Pinggir Jalan

Baca: KalselPedia : Nama Kecamatan dan Batas Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara

Adi juga mengatakan guna mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Lebaran akan ada pendirian posko. “Rencana mulai 21 Mei sampai 21 Juni,” jelasnya.

Sementara berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber di PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin pada tahap pertama atau terhitung H-30 sampai dengan H-20, harga tiket untuk penumpang dewasa Rp 280 ribu.

Sedangkan tahap dua atau terhitung dari H-19 sampai H-11, harga tiket penumpang dewasa menjadi Rp 358 ribu. Terakhir pada tahap tiga atau terhitung H-10 sampai Hari H, harganya Rp 440 ribu. (gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved