Ekonomi dan Bisnis

15 Negara Ini Memiliki Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia, Negara Mana Saja? Lihat Daftarnya

Wealth-X, sebuah perusahaan riset yang berfokus pada data mengenai kekayaan para miliarder di seluruh dunia baru saja merilis hasil Billionaire Census

15 Negara Ini Memiliki Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia, Negara Mana Saja? Lihat Daftarnya
Thinkstockphotos.com
Ilustrasi miliarder 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Wealth-X, sebuah perusahaan riset yang berfokus pada data mengenai kekayaan para miliarder di seluruh dunia baru saja merilis hasil Billionaire Census 2019.

Di dalam sensus tersebut disebutkan terdapat 15 negara dengan jumlah populasi penduduk super kaya terbanyak di dunia, yang mendominasi 75 persen dari jumlah miliarder di seluruh dunia. Selain itu, jumlah kekayaan yang diakumulasikan dari 15 negara tersebut mencapai 79 persen dari seluruh kekayaan para miliarder di seluruh dunia.

Meskipun persentase tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi tahun sebelumnya, namun secara absolut jumlah miliarder di kedua negara tersebut berkurang 84 orang.

Secara keseluruhan terdapat 1.942 orang kaya yang tersebar di 15 negara dengan populasi miliader terbanyak di dunia dari keseluruhan populasi yang berjumlah 2.604 orang.

Adapun secara akumulasi, kekayaan para miliarder di 15 negara tersebut merosot 489 miliar dollar AS menjadi 6,8 triliun dollar AS jika dibandingkan dengan tahun 2017.

Baca: Link Live Streaming TVRI Garuda Select Vs Chelsea U-16 di Inggris Mulai Jam 17.00 Wib

Baca: Terungkap Sosok yang Sadarkan Andre Taulany Atas Kasus Dugaan Penistaan Agama, Sule Bocorkan

Baca: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Sabtu (11/5) di Jakarta Bandung Surabaya Hari ke-6 Ramadhan 1440 H

Wealth-X mengungkapkan, Amerika Serikat masih negara yang mendominasi keseluruhan populasi miliarder di dunia. Jumlah miliarder di AS meningkat hampir 4 persen enjadi 705 orang.

Angka tersebut setara dengan 27 persen dari keseluruahn populasi penduduk kaya dunia. Sementara dari segi nilai kekayaan, para orang kaya di Amerika Serikat mengantongi 35 persen dari keseluruhan nilai kekayaan di dunia.

Sementara, negara kawasan Asia Pasifik sepanjang 2018 mengalami penurunan jumlah miliarder sekaligus nilai kekayaan pada 2018. Hal tersebut kontras dengan kondisi 2017 di mana China, Hong Kong, India dan Singapura membukukan peningkatan jumlah milairder sekaligus nilai kekayaan.

Kondisi pasar saham di China dan Hong Kong yang diliputi ketidakpastian lantaran perang dagang antara AS dengan Negara Tirai Bambu tersebut menjadi penyebab merosotnya jumlah miliarder di negara-negara kawasan Asia Pasifik. Jumlah orang kaya di China merosot 16 persen menjadi hanya 285 orang.

Berikut daftar 15 negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia:

Amerika Serikat 705 miliarder
China 285 miliarder
Jerman 146 miliarder
Rusia 102 miliarder
Inggris 97 miliarder
Swiss 91 miliarder
Hong Kong 87 miliarder
India 82 miliarder
Arab Saudi 57 miliarder
Prancis 55 miliarder
Uni Emirat Arab 55 miliarder
Brazil 49 miliarder
Italia 47 miliarder
Kanada 45 miliarder
Singapura 39 miliarder

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved