Berita Nasional

Hasil Blusukan Jokowi Mencari Pengganti DKI Jakarta, Ini Tiga Daerah Calon Ibu Kota Baru?

Pulau Kalimantan menjadi daerah paling mungkin di pilih Jokowi menjadi lokasi ibu Kota pemerintahan baru.

Hasil Blusukan Jokowi Mencari Pengganti DKI Jakarta, Ini Tiga Daerah Calon Ibu Kota Baru?
Biro pers setpres
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Pekan lalu Presiden Joko Widodo membuktikan keseriusannya atas rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke luar pulau Jawa dengan meninjau sejumlah lokasi yang direkomendasikan menjadi lokasi ibu kota baru.

Pulau Kalimantan menjadi daerah paling mungkin di pilih Jokowi menjadi lokasi ibu Kota pemerintahan baru. Setidaknya, itu tergambar dari aktivitas kunjungan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Selama tiga hari, yakni 7 hingga 9 Mei 2019, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana blusukan ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan.

“Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan dan jasa. Ini kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju,” ujar Presiden Jokowi di sela blusukannya.

Baca: Hadapi Cuaca Panas Saat Berpuasa, Begini Cara Terhindar Dehidrasi dan Atasi Rasa Haus

Baca: Curhatan Tiara Savitri, Putri Mulan Jameela Kembali Jadi Sorotan Saat Ahmad Dhani Berproses Hukum

Baca: Petugas SPBU Siram Uang Rp50 Ribu dari ATM dengan Pertalite, Begini Penjelasan BI, Langsung Viral

Dari kunjungan Presiden Jokowi, tiga daerah di Pulau Kalimantan ini berpeluang besar dipertimbangkan menjadi pengganti DKI Jakarta?

1. Bukit Soeharto

Pertama, Presiden menjelajahi kawasan Bukit Soeharto di kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Daerah itu sudah 1,5 tahun terakhir ini dikaji sebagai pengganti DKI Jakarta sebagai ibu kota negara.

Selama peninjauan berlangsung, Presiden mendapatkan pemaparan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Zairin Zain.

Kawasan itu memiliki beberapa keunggulan. Hal terpenting, infrastruktur dasar terbilang sudah tersedia.

“Kebetulan, ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Kemudian kalau kita lihat di Balikpapan ada airport-nya, Samarinda juga ada airport-nya. Sudah enggak buat airport lagi. Pelabuhan juga sudah ada,” kata Jokowi.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved