KalselPedia

KalselPedia : Profile Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar adalah bagian dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Banjar.

KalselPedia : Profile Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar
Dari Dinas TPH Banjar untuk BPost
Mentan Arman Sulaiman didampingi Gubernur Syahbirin Noor dan Bupati Banjar H Khalilurrahman saat pencanangan Serasi di Tajaulandung, 18 Desember 2018 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar adalah bagian dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Termasuk salah satu OPD utama karena memiliki peran vital dan tanggungjawab besar terhadap eksistensi Kabupaten Banjar sebagai daerah agraris penghasil pangan utama di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Struktur organisasi Dinas TPH Banjar juga cukup besar dengan jumlah total pegawai berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 138 orang.

Terdiri atas satu orang pejabat eselon IIb (kepala dinas) yang hingga saat ini (Mei 2019) dijabat oleh Ir H Muhammad Fachry MP.

Lalu, satu orang pejabat eselon IIIa (sekretaris) yang saat ini dijabat Drs H Muhamad Ilmi MSi. Kemudian ada empat pejabat eselon IIIb (kepala bidang) dan 14 pejabat eselon IV (kepala seksi/subag/UPT).

Kantor Dinas UPT terletak cukup jauh dari ibu kota kabupaten (Martapura) yakni berada di Desa Tungkaran, Kecamatan Martapura.

Di lingkungan kantor Dinas TPH terdapat laboratorium (lab) kultur jaringan. Lab ini telah beroperasi sejak beberapa tahun lalu dan hingga sekarang terus memproduksi bibit tanaman berkualitas tinggi.

Sementara hingga sekarang tanaman yang dibiakkan melalui teknologi kultur jaringan ada dua komoditas yaitu pisang dan kemudian mulai mencoba membiakkan anggrek.

Serapan pasar terhadap bibit tanaman kultur jaringan ini cukup tinggi. Tak cuma terserap di wilayah Kabupaten Banjar, tapi juga hingga ke sejumlah daerah lain di Kalsel.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved