BPost Cetak

PKB Protes Perolehan Suara

Walau kehilangan satu kursi dibanding Pemilu 2014, Partai Golongan Karya (Golkar) dipastikan masih menguasai DPRD Kalimantan Selatan Periode 2019-2024

PKB Protes Perolehan Suara
BPost Cetak
Banjarmasinpost Edisi Sabtu (11/5/2019) 

BANJARMASIN, BPOST - Walau kehilangan satu kursi dibanding Pemilu 2014, Partai Golongan Karya (Golkar) dipastikan masih menguasai DPRD Kalimantan Selatan Periode 2019-2024. Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel di Rattan Inn Banjarmasin yang rampung pada Jumat (10/5) malam.

Dari total tujuh Daerah Pemilihan (Dapil) di Kalsel, partai berlambang pohon beringin ini mendapatkan 12 kursi di Rumah Banjar. Satu kursi dari Dapil 1 Kota Banjarmasin, dua kursi masing-masing dari Dapil 2 Kabupaten Banjar, Dapil 3 Kabupaten Baritokuala dan Dapil 4 yang meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dapil 5 yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong dan Balangan dan Dapil 6 meliputi Kabupaten Kotabaru dan Tanahbumbu masing-masing juga menyumbang dua kursi untuk Partai Golkar. Sedangkan di Dapil 7 yang meliputi Kabupaten Tanahlaut dan Kota Banjarbaru, Partai Golkar dapatkan satu kursi.

Walaupun perolehan kursi menurun, Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK menyatakan pihaknya tetap bangga dengan perolehan tersebut. “Walaupun turun, kami bangga masih menjadi partai yang dipercaya masyarakat Kalsel,” ujarnya.

Baca: Kita Tidak Berkompetisi Jadi Ibu Kota

Baca: Cetak Rekor

Baca: Menyempurnakan Puasa

Di bawah Partai Golkar, PDIP dan Partai Gerindra sama-sama menguasai delapan kursi. PDIP meraihnya dari Dapil 1, 2, 3, 4, 5 dan 7 masing-masing satu kursi dan Dapil 6 dua kursi.

Menurut Sekretaris DPD PDIP Kalsel H Supiansyah, walaupun tidak mencapai target, pihaknya tetap bersyukur. Itu karena perolehan tersebut juga merupakan hasil kerja keras para caleg dan segenap pengurus PDIP di Kalsel.

“Kekalahan dirasakan di Dapil 6, dimana kami optimistis mendapatkan tiga kursi tetapi ternyata hanya dapat dua. Padahal kurang sedikit. Di sini mungkin agak lengah,” ujar Supiansyah.

Sedangkan Partai Gerindra merasakan peningkatan perolehan kursi cukup signifikan. Partai ini mendapatkan tambahan dua kursi dibanding Pemilu 2014. Kenaikan perolehan kursi didapatkan dari Dapil 7 yang meningkat menjadi dua kursi dan Dapil Kalsel 3 yang dulunya tak mendapatkan kursi, tahun ini mendapatkan satu kursi.

Dijelaskan Wakil Ketua DPW Gerindra Kalsel Lutfi Syaifuddin, peningkatan perolehan kursi tersebut utamanya juga karena kerja keras seluruh kader dan pendukung Partai Gerindra.

Namun, Lutfi tak menampik itu berkat dukungan masyarakat Kalsel terhadap Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang merupakan kandidat dari Partai Gerindra.

“Tentu dukungan untuk Pak Prabowo di Kalsel ikut kami rasakan. Kami akan buktikan anggota dewan terpilih dari Partai Gerindra akan bekerja secara maksimal untuk masyarakat Kalsel,” ujarnya.

Sedangkan kursi DPRD Kalsel lainnya masing-masing diperoleh PAN sebanyak enam kursi, PKS dan PKB masing-masing lima kursi, Nasdem empat kursi, PPP dan Partai Demokrat masing-masing tiga kursi dan Partai Hanura satu kursi.

Perolehan suara pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kalsel memang unggul atas pesaingnya Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Prabowo-Sandi memproleh 1.470.163 suara. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf peroleh 823.939 suara.(acm/kur)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved