Berita HST

Verifikasi Kota Layak Anak, Hulu Sungai Tengah Peroleh Hasil Jauh Meningkat dari 2017

Hasilnya, nilai yang diperoleh Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tahun ini jauh dari nilai yang diperoleh tahun lalu.

Verifikasi Kota Layak Anak, Hulu Sungai Tengah Peroleh Hasil Jauh Meningkat dari 2017
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Verivikasi lapangan terkait kota layak anak sudah dilakukan sejak 8 Mei hingga 9 Mei 2019.

Hasilnya, nilai yang diperoleh Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tahun ini jauh dari nilai yang diperoleh tahun lalu.

Dari penilaian total yang dilakukan pada tahun 2017 yang lalu Kabupaten Hulu Sungai Tengah memperoleh nilai 300.

Sedangkan, pada 2019 menjadi 591,5. Nilai ini jauh meningkat dari 2017 lalu.

Bahkan, dengan nilai ini Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendapatkan verifikasi lapangan langsung dari tim Kementrian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk memenuhi segala keperluan yang disyaratkan dalam menuju Kabupaten Layak Anak, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB, PP dan PA) serius melengkapi syarat yang ditentukan oleh Kementerian.

Baca: Di tanya Soal Pindah Ibu Kota RI, Sandi: Kita Fokus Selenggarakan Pemilu Jujur Dulu

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan 38 : Brighton vs Man City di MNCTV & Liverpool vs Wolves

Baca: Pasar Murah Bantu Stabilkan Harga Sembako di Kabupaten Tabalong

Bahkan, untuk menuju Kota Layak Anak, Dinsos PPKB, PP dan PA SOPD.

Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, mengatakan selain melengkapi berbagai persyaratan untuk menuju salah satu Kabupaten yang layak anak di Kalimantan Selatan, banyak pula hal lain yang sebenarnya sangat mendukung langkah tersebut.

Diantaranya, dengan tetap mempertahankan kelestarian dan kealamian kawasan meratus atau saat ini sedang gencar dilakukan.

Menurutnya, hal ini untuk memberikan kehidupan yang layak bagi anak-anak di HST baik di masa kini maupun masa yang akan datang. Agar mendapatkan kehidupan yang layak.

"Untuk syarat lain dalam hal melindungi dan mempertahankan hak anak adalah dengan melibatkan seluruh SOPD di lingkungan Pemkab HST dan sudah tertuang dalam RPJMD HST dan ditindaklanjuti dengan program kegiatan dan penganggaran pada masing-masing SKPD tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim Verifikasi Lapangan Kementrian Sosial RI, Nanang Abdul Chanan, menjelaskan bahwa Kabupaten Hulu Sungai Tengah sangat berpotensi menjadi salah satu kabupaten layak anak di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Tengah, M Yusuf, berharap Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat meraih nilai maksimal dan tujuan akhirnya adalah mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak.

"Tentu saja diperlukan kerjasama dari semua stakeholder dan pihak terkait harus terlibat dan SOPD di lingkungan Pemkab Hulu Sungai Tengah harus turut mendukung mewujudkan kota layak," bebernya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved