Pemilu 2019

Kalsel Kirim Lima Wajah Baru ke DPR RI, HM Nur Ingin Duduk di Komisi IV

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019, yang selesai digelar KPU Kalimantan Selatan, Sabtu (11/5) dini hari, memunculkan banyak nama baru

Kalsel Kirim Lima Wajah Baru ke DPR RI, HM Nur Ingin Duduk di Komisi IV
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara KPU Kalsel di Hotel Rattan In 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019, yang selesai digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan, Sabtu (11/5) dini hari, memunculkan banyak nama baru. Bahkan hampir separuh calon anggota DPR RI, yang diperhitungkan terpilih, merupakan wajah baru.

Untuk DPR RI, Kalsel dibagi dua Daerah Pemilihan (Dapil). Dapil 1 yang meliputi Kabupaten Banjar, Batola, Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan dan Tabalong ini memiliki jatah enam kursi. Sedangkan Dapil 2, yang terdiri atas Banjarmasin, Banjarbaru, Tala, Tanb dan Kotabaru, mempunyai lima kursi. Dari 11 kursi itu, lima di antaranya diduduki orang baru. (Lihat tabel).

Salah satunya Rifqinizamy Karsayuda. Caleg nomor urut 1 dari PDIP untuk Dapil 1 ini memperoleh 30.465 suara. Walaupun mendapatkan kursi terakhir di Dapil 1, ini merupakan sebuah keberhasilan PDIP. Soalnya pada pemilu, PDIP tak mampu mengirim kadernya ke Senayan dari Dapil ini.

Rifqy juga berhasil mengungguli kader yang lebih senior seperti Dr Hj Rosiyati dan HM Dardiansyah serta penyanyi kondang Ian Kasela.

“Saya berupaya tidak hanya duduk di Senayan, tapi memberikan manfaat bagi Kalsel dan Indonesia secara umum,” kata mantan dosen Universitas Lambung Mangkurat ini.

Baca: Polah Aneh Luna Maya di Depan Raffi Ahmad & Eko Patrio, Move On dari Suami Syahrini, Reino Barack?

Baca: Rayuan Dul Jaelani ke Aaliyah Massaid di Depan Atta Halilintar, Maia Estianty Sudah Beri Restu?

Baca: Bocoran Soal SKB dari BKN Jelang Jadwal Penerimaan CPNS 2019 Oleh Menpan RB Sebanyak 100 Ribu Orang

Wajah baru lainnya adalah Khairul Saleh yang merupakan caleg nomor urut pertama dari Partai Amanat Nasional. Mantan bupati Banjar ini mendapat 50.177 suara atau berada di peringkat ketiga di Dapil 1.

Sedangkan empat kursi lainnya kembali diisi wajah lama dari PKS, Partai Golkar, PPP dan Partai Gerindra. PKS kembali mengirim Habib Aboe Bakar Al Habsy, Golkar mengutus Bambang Heri Purnama yang merupakan Pengganti Antarwaktu, PPP Syaifullah Tamliha dan Gerindra mengirim mantan Bupati HST Saiful Rasyid.

Sedangkan di Dapil 2 diwarnai wajah baru. Tiga dari lima kursi didapat pendatang baru. Salah satunya adalah caleg nomor urut satu Partai Gerindra yaitu HM Nur.

Saat diwawancarai, Nur mengungkapkan ingin duduk di Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, pangan, maritim dan kehutanan. Hal ini karena kader Gerindra sebelumnya di Senayan yang juga dari Dapil 2 yakni Sjahchrani Mataja juga duduk di komisi ini. “Tapi bagaimanapun saya menyerahkan sepenuhnya hal ini kepada Pengurus DPP Gerindra, karena sepenuhnya merupakan hak DPP,” ujar Nur.

Wajah baru lainnya yakni dua kader PDIP. Mereka adalah caleg nomor urut satu dr H Sulaiman Umar dan caleg nomor urut tiga Syafruddin H Maming.

Sedangkan dua kursi tersisa di Dapil ini kembali direbut petahana. Partai Golkar mengirim Hasnuryadi Sulaiman H B dan PKB mengutus Dr H M Zairullah Azhar.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Sabtu (11/5), mengatakan walaupun sudah adanya keputusan dari KPU Kalsel untuk calon anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD Kalsel, semua akan diumumkan pada rapat pleno KPU RI. Untuk rapat pleno di KPU RI ditargetkan rampung pada Rabu (22/5).

Sedangkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kalsel Edy Ariansyah mengatakan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 melebihi target. Tingginya partisipasi tak hanya dilihat jumlah pemilih yang datang ke TPS, tapi juga dari suara sah.

Tingkat partisipasi mencapai 79,5 persen dari 2.995.206 pemilik hak pilih. Sedangkan dilihat dari sisi kualitas, suara sah dari pemilih di atas 80 persen. (BANJARMASINPOST.CO.ID/acm)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved