KalselPedia

KalselPedia - Inilah Kantor Disbudpar Kabupaten Tapin, Agustus Bakal Gelar Lomba Tarian Tradisional

Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan adalah instansi yang memiliki tugas

KalselPedia - Inilah Kantor Disbudpar Kabupaten Tapin, Agustus Bakal Gelar Lomba Tarian Tradisional
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan adalah instansi yang memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan Kabupaten Tapin dalam bidang budaya dan pariwisata berdasarkan asas otonomi daerahnya.

Alamat Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tapin di Jalan Brigjend Hasan Basri, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin atau bersebelahan dengan Bank BNI Cabang Rantau.

Melalui kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau yang disingkat Disbudpar ini, berbagai urusan pemerintah daerah terkait bidang pariwisata dan kebudayaan dilakukan.

Adapun tugas Disbudpar Tapin adalah sebagai pelaksana urusan pemerintah daerah pada bidang pariwisata dan pelestarian budaya di wilayah kerjanya.

Baca: KalselPedia : Ini Fakta Terminal Tanah Habang Nomor 3 Paling Ditunggu Warga

Baca: KalselPedia : Profile Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar

Baca: KalselPedia - Gunakan Kolam Renang Lambung Mangkurat, Warga Banjarbaru Gratis

Fungsi Disparbud ialah merumuskan kebijakan bidang pariwisata, kesenian, kebudayaan dan perfilman, penyelenggara pariwisata dan kebudayaan, pembinaan dan pembimbingan pada pelaku pariwisata dan budaya di wilayah kerjanya, koordinator UPTD, hingga pelaporan dan koordinasi urusan pariwisata dan budaya.

Terkait dengan tugas dan fungsinya, Disparbud berwenang untuk mengeluarkan izin-izin bidang pariwisata meliputi Izin Usaha Pariwisata untuk travel agent dan lainnya, mengurus Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP), Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP meliputi surat Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata, Tanda Daftar Usaha Penyedia Akomodasi, Tanda daftar Usaha Kawasan Pariwisata, dan lainnya.

Selain izin-izin bidang pariwisata, Disparbud juga memiliki wewenang dalam mengeluarkan izin terkait bidang kebudayaan seperti kegiatan kebudayaan, alih fungsi bagunan bersejarah dan lainnya.

Dalam waktu dekat ini, sekitar awal atau akhir Agustus 2019 Disbudpar Tapin punya gawe besar mendukung suksesnya pelaksanaan lomba tari dan karnaval tarian tradisional berhadiah.

Kegiatan lomba tarian tradisional itu event tahunan dan berskala nasional dari realisasi dana CSR kontraktor perusahaan pertambangan batu bara di Kabupaten Tapin. (vanjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved