Berita HSS

Rutan Kandangan Bakal Dipindah, Pemkab HSS Hibahkan Lahan Seluas Lima Hektare di Sungairaya

Selain berada di tengah kota kabupaten , dan pusat pemerintahan Hulu Sungai Selatan yang dikelilingi perkantoran, kondisi lahan Rutan yang sempit

Rutan Kandangan Bakal Dipindah, Pemkab HSS Hibahkan Lahan Seluas Lima Hektare di Sungairaya
banjarmasinpost.co.id/hanani
Warga binaan rumah tahanan kelas II B Kandangan, melakukan tadarus Alquran di musala lingkungan setempat, Jumat 10 Mei 2019. Selain tadarus, mereka juga mendapatkan pembinaan rohani rutin harian berupa tausyiah oleh para ustadz dari MUI Hulu Sungai Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Lokasi Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Kandangan, dinilai tak layak lagi.

Selain berada di tengah kota kabupaten , dan pusat pemerintahan Hulu Sungai Selatan yang dikelilingi perkantoran, kondisi lahan Rutan yang sempit, membuat sulit dilakukan pengembangan bangunan yang sesuai kebutuhan pembinaan.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Rutan Kandangan Jeremi Leonta, mengatakan pihaknya bakal menerima bantuan hibah tanah seluas lima hektare dari Pemkab HSS, untuk membangun Rutan baru yang lebih layak.

“Kami berterimakasih kepada Bupati HSS atas kebijakan hibahnya tersebut. Saya segera laporkan ke Kantor Kanwil Kemenkum-HAM Kalsel, dengan harapan dibangun Rutan yang lebih layak sebagai tempat pembinaan warga binaan di sini,” kata Jeremi saat Launching Gerakan Keaksaraan terpadu Disdik HSS, Jumat lalu.

Jeremi mengungkapkan, kondisi Rutan saat ini sangat over kapasitas, dimana kapasitas tersedia hanya untuk 90 orang, diisi 235 orang.

Baca: Rindukan Sahabatnya, Ini yang Dilakukan Sule Setelah Andre Taulany Tak Muncul di Ini Talkshow

Baca: Pelanggan Bulu Mata Syahrini Terungkap, Istri Reino Barack Ngaku Sampai Ekspor ke Hong Kong

Baca: Tak Ada Nama Ustadz Abdul Somad di Aplikasi CariUstadz.ID yang Direkomendasikan Najwa Shihab

Baca: Baju Lebaran Istri SBY, Ani Yudhoyono pada Idul Fitri 1440 H Diungkap Istri AHY, Annisa Pohan

Hal tersebut tak hanya terjadi di Rutan Kandangan, tapi hampir di semua daerah di Kalsel.

Kepala Rutan juga mengakui, posisi lokasi Rutan di tengah kota tersebut sangat tak cocok sebagai tempat pembinaan.

“Kita harapkan, pemindahan cepat terealisasi,”tambahnya.

Sementara, Bupati HSS H Achmad Fikry usai menghadiri launching program Disdik yang bekerjasama dengan Rutan Kandangan tersebut menyebutkan, lokasi lahan yang dihibahkan tersebut berada di Kecamatan Sungairaya.

Latar belakang pemandangan di sekitarnya, kata Fikry cukup sejuk dan teduh pepohonan.

Meski demikian, jika nanti pemindahan direalisasi, di bangunan baru Rutan, Fikry berharap penghuninya terus berkurang.

“Jangan mentang-mentang gedung baru, kalian warga binaan betah berlama-lama di Rutan. Bagaimakan pun hidup bebas dan kumpul keluarga lebih baik. Cukup sekali kalian menjadi penghuni Rutan, selanjutnya jangan pernah berniat kembali lagi,” pesan Bupati kepada sejumlah warga binaan yang bakal mengikuti program pemberantasan buta aksara dan program kejar paket, bagi warga binaan yang putus sekolah.

Dijelaskan Fikry, hibah lahan oleh Pmkab HSS, sebagai dukungan pemerintah daerah dalam rangka membantu Rutan melakukan pembinaan yang lebih baik lagi kepada warga binaan, agar selepas menjalani masa hukuman bisa kembali ke masyarakat dengan kehidupan baru yang lebih baik, mandiri dan benar-benar melakukan perubahan pada diri mereka sebagai anggota masyarakat yang taat hukum.

“Apalagi, 80 persen penghuni Rutan Kandangan adalah warga HSS,”pungkas Bupati.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved