Idul Fitri 1440 H

Zakat Fitrah untuk Warga HST Sudah Ditentukan, Ini Besarannya

MUI HST, Kemenag, Disperindag HST dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HST sudah menetapkan besaran zakat fitrah di HST.

Zakat Fitrah untuk Warga HST Sudah Ditentukan, Ini Besarannya
banjarmasinpost.co.id/hanani
Serah terima zakat fitrah oleh warga di Lingkungan RT 06 Barabai Timur, Barabai, HST kepada panitia pengumpul zakat di Langgar Al Inayah, Sabtu malam (24/6/2017).Banjarmasinpost.co.id/hanani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Kantor Kementerian Agama HST  serta Dinas Pedagangan HST dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HST sudah menetapkan besaran zakat fitrah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Edaran dengan nomor 437/Kk.17.06-7/BA.03.2./05/2019, nomor 519/137/DISDAG/2019, nomor 009/MUI-HST/V/2019, dan nomor 041/BAZNAS-HST/V/2019 mengatur tentang ketentuan pengeluaran zakat fitrah tahun 2019 atau 1440 hijriah.

Surat edaran tertanggal 9 Mei 2019 itu, ditandatangani oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah Saipuddin, Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Tengah Wajihuddin Shaleh, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Ali Fahmi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Tengah Ishak Buseri.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tenga, Ali Fahmi, mengatakan jika besaran tersebut mengikuti harga beras di pasaran.

Baca: Tangis Ayah Dewi Perssik yang Sakit Komplikasi Terungkap, Masih Berkaitan Rosa Meldianti?

Baca: Diduga Dilaporkan Sesama Kader PPP, Syaifulah Tamliha Penuhi Panggilan Bawaslu Kalsel

Baca: Tak Ada yang Setor Nama Calon Wakil Bupati, Chairansyah: Terserah Mereka

Dan berdasarkan kesepakatan zakat yang harus dilkeluarkan jika menggunakan uang sebesar Rp 45 ribu untuk beras terbaik jenis siam unus dan sejenisnya.

Sedangkan untuk beras jenis karandukuh dan sejenisnya ditetapkan Rp 40 ribu per orang. Sementara itu untuk beras R dan sejenisnya hanya Rp 30 ribu.

"Acuannya adalah harga beras di pasaran dengan penghitungan 3,5 liter beras maka ketemu angka seperti itu," bebernya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved