Berita Banjarmasin

Deretan Warung 'Sakadup' di Jalan Cendana Banjarmasin Langsung Tutup Pintu Lihat Petugas Ini Datang

Jajaran Satpol PP Kota Banjarmasin bersama pihak kepolisian mendatangi satu kawasan di Banjarmasin yang diduga kerab terdapat warung makan yang buka

Deretan Warung 'Sakadup' di Jalan Cendana Banjarmasin Langsung Tutup Pintu Lihat Petugas Ini Datang
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Jajaran Satpol PP Kota Banjarmasin bersama pihak kepolisian mendatangi satu kawasan Jalan Cendana Banjarmasin yang diduga kerab terdapat warung makan yang tetap buka pada bulan Ramadhan, atau warung sakadup. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran Satpol PP Kota Banjarmasin bersama pihak kepolisian mendatangi satu kawasan di Banjarmasin yang diduga kerab terdapat warung makan yang tetap buka pada bulan Ramadhan, atau warung sakadup.

Mereka mendatangi kawasan Cendana, Kayutangi, Banjarmasin yang setiap tahunnya ditemui warung makan yang masih buka, Senin (13/5/2019).

Pasalnya, Kota Banjarmasin memiliki Perda Ramadhan yang mengatur jam buka pada warung makan atau restoran di kota seribu sungai tersebut. Sehingga sejak pagi hingga pukul 17.00 WITA, warung makan atau restoran dilarang beroperational.

Kedatangan Satpol PP Kota Banjarmasin ke kawasan Cendana nampaknya mengejutkan para pembeli makanan di kawasan tersebut. Bahkan warung-warung yang sebelumnya melayani pelanggan langsung tutup ketika melihat mobil petugas memasuki area warung makan.

Ada deretan warung makan yang setiap hari buka di Cendana, pada razia itu, petugas hanya mendapati sejumlah pembeli yang kedapatan membawa kantong plastik berisi makanan. Ada pula calon pembeli yang bahkan belum sempat belanja saat Satpol PP Datang.

“Tadi mau beli makan. Tapi belum sempat, langsung ada Satpol PP,” ucap Wijayanti, calon pembeli di warung makan Cendana tersebut.

Baca: Sesumbar Syahrini Bisa Keliling Dunia Tanpa Jadi Penyanyi, Ini Kerjaan Sampingan Istri Reino Barack

Baca: SESAAT LAGI Waktu Berbuka! Jadwal Buka Puasa 8 Ramadhan, Senin 13 Mei 2019 Jakarta & 33 Kota Lainnya

Baca: Hukum Mencicipi Masakan Saat Berpuasa Menurut Ustadz Abdul Somad, Pas untuk Ramadhan 1440 H

Selain Wijayanti, beberapa oranglainnya juga diminta menyerhakan KTP. Selain itu makanan yang mereka beli langsung diamankan sebagai bukti.

Sementara sebagian petugas sibuk dengan warga yang ketahuan membeli makanan pada siang hari, beberapa personil Satpol PP lainnya nampak mengetuk pintu warung makan yang sempat buka tersebtu. Pasalnya, ketika mereka datang, petugas Satpol PP langsung ditutupi pintu, bahkan dikunci. Sehingga mereka tidak bisa masuk.

Setelah menunggu beberapa saat, para aparat penegak Perda ini pun memutuskan kembali menyisiri kawasan Kota Banjarmasin.

Kasi Penegakan Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Mulyadi menerangkan, kegiatan kali ini sebutnya berasal dari laporan masyarakat. Sehingag bebrapa lokasi yang datangi adalah lokasi yang dilaporkan warga.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved