Liga 1 2019

Kick-off Liga 1 2019 Dibuka PSS Sleman Vs Arema FC, Sekjen PSSI Sebut Persiapan Liga 1 Lebih Baik

Tisha mengungkapkan bahwa jalinan kerja sama di antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB) selaku operator kompetisi berjalan sangat baik.

Kick-off Liga 1 2019 Dibuka PSS Sleman Vs Arema FC, Sekjen PSSI Sebut Persiapan Liga 1 Lebih Baik
KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA
Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menilai koordinasi jelang bergulirnya Liga 1 2019 jauh lebih baik ketimbang sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan Ratu Tisha saat acara peluncuran Liga 1 2019 di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019) sore.

Tisha mengungkapkan bahwa jalinan kerja sama di antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB) selaku operator kompetisi berjalan sangat baik.

"Untuk Liga 1 2019 ini, kali pertama kami melakukan schedule sistem kami. Walaupun dengan seluruh tantangan yang ada, seperti harus mulai setelah Pemilu, terpotong ramadan, tetapi koordinasi PSSI dengan PT LIB semakin erat," kata Tisha.

"Kami berkali-kali melakukan meeting. Bukan area manajemen saja, tetapi juga antarpelatih. Gunanya untuk memperbaiki sinkronisasi jadwal yang berkaitan pula dengan Piala Indonesia," ucap dia.

Direktur PT LIB, Dirk Soplanit, juga menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang terjadi pada Liga 1 sebelumnya.

Baca: Jadwal Liga 1 2019 Pekan 1, Dibuka PSS Sleman vs Arema FC, Ada Persib vs Persipura, Live Indosiar?

Baca: Jika Barito Putera Gagal Dua Laga Kandang Liga 1 2019, Ini Nasib Jacksen Menurut Hasnur

Baca: Live Beinsports 3! Link Live Streaming Inter Milan vs Chievo di Liga Italia, Demi Liga Champions

Beberapa hal yang jadi sorotan di antaranya kualitas wasit, pengaturan skor, hingga adanya kekerasan saat pertandingan.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, PT LIB dan PSSI menggalang kerja sama dengan badan independen untuk penugasan dan pemantauan kinerja wasit.

Adapun terkait kasus kekerasan, Dirk memastikan PT LIB akan menggandeng pihak kepolisian demi terciptanya keamanan.

"Badan independen akan 100 persen menilai wasit, mana yang mau ditugaskan, mana yang istirahat, dan tidak. Jadi, PSSI tak bisa mengaturnya," kata Dirk.

Kick-off Liga 1 2019 akan dibuka dengan laga antara PSS Sleman dan Arema FC, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/5/2019) pukul 20.30 WIB.

Secara keseluruhan, Liga 1 2019 akan menggelar 306 pertandingan dan melibatkan sekitar 540 pemain serta 18 pelatih kepala dari 18 klub sepak bola Tanah Air.

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved