Ekonomi dan Bisnis

Perbedaan KTA dan Pinjaman Online yang Mungkin Belum Anda Tahu., SLIK OJK vs Big Data

Perbedaan utama yang sangat mudah untuk ditemukan antara KTA dengan pinjaman online lewat fintech tentu saja dari sisi jenis layanan.

Editor: Elpianur Achmad
THINSTOCK
Ilustrasi rupiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kemajuan dunia teknologi saat ini memudahkan orang melakukan berbagai transaksi melalui media online termasuk di bisnis keuangan. Tawaran pinjaman uang secara online pun makin marak. 

Bagi anda yang tertarik dan ingin  menikmati pinjaman secara online, Anda tinggal mengajukannya via mobile app.

Namun, banyak orang yang belum mengenal apa itu pinjaman online yang justru sebenarnya banyak sekali memudahkan di saat tengah membutuhkan dana darurat.

Namun demikian setiap inovasi tentunya memiliki plus minus jika dibandingkan dengan yang konvensional.

Artikel ini akan membahas lebih jauh perbedaan antara pinjaman online lewat mobile app dibandingkan dengan KTA yang pada prinsipnya sama-sama memberikan pinjaman dengan pencairan dana yang cukup cepat.

Berikut ulasan selengkapnya :

1. Jenis Layanan (Online vs Offline)

Perbedaan utama yang sangat mudah untuk ditemukan antara KTA dengan pinjaman online lewat fintech tentu saja dari sisi jenis layanan.

KTA umumnya diajukan secara offline yang artinya tidak memerlukan koneksi internet dan diajukan melalui bank terkait. Sedangkan pada pinjaman online, Anda hanya cukup menggunakan smartphone untuk dapat mengajukan pinjaman.

Karena sistemnya yang masih offline pada pengajuan KTA, Anda diharuskan memberikan dokumen-dokumen secara fisik serta memberikan tanda tangan basah serta bertatap muka dengan bank terkait.

Sedangkan pada pinjaman online, Anda tak perlu datang ke kantor pemberi pinjaman dan seluruh aktivitas bankan' title='per bankan'>per bankan dapat dilakukan secara online melalui website maupun aplikasi, bahkan untuk tanda tangan pun Anda bisa melakukannya di aplikasi.

2. Kecepatan Pencairan Dana

Perbedaan selanjutnya yakni terletak pada kecepatan pencairan dana dimana proses pencairan dana oleh KTA biasanya paling cepat dicairkan dalam waktu 1 minggu.

Berbeda dari pinjaman online yang dapat memberikan pinjaman dalam hitungan hari hingga hitungan jam saja, tergantung dari kreditur dan syarat yang telah diverifikasi oleh pihak pemberi pinjaman.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved