Bumi Murakata

Raih Penghargaan dari Menkes RI, Bupati A Chairansyah Sebut Rahasia HST Bebas Malaria

Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, menerima penghargaan kategori wilayah bebas malaria dari Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek

Raih Penghargaan dari Menkes RI, Bupati A Chairansyah Sebut Rahasia HST Bebas Malaria
Humas Pemkab HST
Bupati Hulu Sungai Tengah A Chairansyah saat menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan kategori wilayah bebas malaria dari Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, pada acara Peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) di Desa Kertalangu, Bali, Senin (13/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, menerima penghargaan kategori wilayah bebas malaria dari Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, pada acara Peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) di Desa Kertalangu, Bali, Senin (13/5/2019).

Penyerahan penghargaan itu pun disaksikan oleh Menteri dalam negeri Thahjo Kumolo.

Selain Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), ada 10 kabupaten/kota yang ikut menerima penghargaan ini.

Yakni,  Lampung Tengah, Luwu Timur, Bungo,  Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kebumen, Cilacap, Toli-Toli, dan Aceh Barat.

Tak hanya itu,  seluruh Gubernur se Jawa dan Bali juga berhadir pada acara tersebut sebagai komitmen mencegah malaria  dengan mengusung Tema Bebas Malaria Prestasi Bangsa.

Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, mengatakan penghargaan eleminasi bebas malaria tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang tidak melakukan penambangan batu bara dan penanaman sawit di daerahnya.

Mengingat kubangan air yang dihasilkan dari galian salah satu tempat sebagai wabah yang akan berkembang biak bibit nyamuk. Kebijakan tersebut sebagai bentuk keseriusan dalam mencegah berkembangnya malaria.

Bupati HST A Chairansyah usai menerima penghargaan wilayah bebas malaria dari Menkes
Bupati HST A Chairansyah usai menerima penghargaan wilayah bebas malaria dari Menkes (Humas Pemkab HST)

Chairansyah juga berterima kasih atas dukungan para ulama, masyarakat, organisasi keagamaan, LSM yang turut mendukung atas kebijakan yang selama ini diakukan.

"Terima kasih juga atas kerja keras Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup,dan lintas sektoral lainnya yang selalu bersinergis sehingga Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang kini sudah terbebas dari Malaria," ujarnya. (AOL)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved