Berita HST

Anggaran Siap, THR ASN HST Rencananya Dibayarkan Pada Tanggal Ini Lho

Pemkab HST siap membayarkan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)

Anggaran Siap, THR ASN HST Rencananya Dibayarkan Pada Tanggal Ini Lho
Shutterstock
Ilustrasi THR 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Perintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) siap membayarkan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten HST.

Bahkan, Pemkab setempat telah merencanakan tunjangan ini akan cair paling cepat pada tanggal 22 Mei dan paling lambat pada 24 Mei nanti.

Sekretaris Kabupaten Hulu Sungai Tengah, A Tamzil, mengatakan jika tunjangan hari raya sudah siap dibayarkan dan anggarannya sudah disiapkan.

Menurutnya, tak masalah jika tunjangan ke-14 dibayarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebab, pihaknya sudah mengantisipasi anggaran sebelumnya.

Baca: Bacaan Doa & Dzikir di Ramadhan 1440 H, Ada Doa Khusus Malam Lailatul Qadar dan Salat Witir

Baca: Asyik Mandi di Sungai Kelayan Banjarmasin, Guntur Menghilang, Sore Hari Ditemukan Tak Bernyawa

Baca: Bangun Terminal Baru, Bupati Anang Syakhfiani Ungkap Tujuannya

Namun, mengenai teknis pembagian THR, yang harus diatur dalam Perda, ia mengaku kerepotan. Sebab, Perda harus disiapkan jauh-jauh hari.

"Tidak mungkin dalam sepekan bisa selesai. Makanya tadi ada ralat Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian Tunjangan ASN, TNI dan Polri. Sehingga dalam aturan itu cukup perbub saja. Kami tinggal mengunggu itu dan siap dibagikan," jelasnya.

Dibeberkannya, tunjangan ini hanya untuk ASN saja. Sedangkan untuk honorer yang jumlahnya lebih dari seribu orang. Menurutnya, daerah tak bisa memberikan gaji ke-14. Selain karena masalah anggaran, namun juga tak ada regulasi yang mengatur honorer berhak mendapat gaji ke-13.

"Honorer kami minta berlapang dada. Dan kami mohon maaf tidak bisa membayarkan itu. Karena anggarannya hanya untuk 12 kali gaji," ujarnya.

Baca: Tak Cuma Suami Syahrini, Reino Barack & Ariel Noah, Luna Maya Pernah Pacari Tukang Siomay, Ini Sosok

Baca: Jadwal Imsak & Buka Puasa 10 Ramadhan 1440 H Rabu (15/5), Banjarmasin, Ambon, Maluku dan Bali

Di Hulu Sungai Tengah tercatat ada 5 ribu ASN. Yang rencananya akan mendapatkan gaji ke-14 yang meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga , tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Sedangkan, pensiunan akan mendapatkan pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved