Saraba Kawa

Bangun Terminal Baru, Bupati Anang Syakhfiani Ungkap Tujuannya

Pemkab Tabalong berencana untuk membangun terminal baru, letaknya tak jauh dari RSUD Badaruddin Kasim Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Bangun Terminal Baru, Bupati Anang Syakhfiani Ungkap Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati
Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta Wakil Bupati Tabalong H Mawardi meninjau langsung lokasi terminal baru di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana untuk membangun terminal baru, letaknya tak jauh dari RSUD Badaruddin Kasim Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Pembangunan terminal ini akan dimulai dengan tahapan pekerjaan meratakan lahan yang telah dianggarkan pada APBD 2019.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta Wakil Bupati Tabalong H Mawardi meninjau langsung lokasi yang akan digunakan untuk mmmbangun terminal. Terminal yang baru ini rencananya akan menggantikan terminal yang ada dengan harapan bisa membuka kembali pusat kegiatan masyakat.

Nantinya, di sekitar terminal akan dibangun pertokoan dan warung sehingga perekonomian warga sekitar bisa berkembang dan meningkat.

"Untuk land clearing dan pembukaan lahan dilakukan tahun ini, sedangkan pembangunan akan dilakukan tahun depan," ujar Anang, Selasa (14/05/2019).

Terminal lama rencana akan digunakan untuk menunjang kantor pelayanan public yang menggunakan bangunan Mall Thaiyyibah. Peninjauan lahan seluas enam hektare yang rencananya akan dibangun terminal juga Dihadiri oleh dinas terkait. Seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan.

Peninjauan juga dilajukan di lahan pemerintah daerah yang berada disebelah kantor BPBD Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak. Lahan tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan Pusat Pelayana Usaha Terpadu (PLUT) dengan luas 300 meter persegi.

Pembangunan PLUT menggunakan dana bersunber dari pemerintah pusat senikai Rp 2 miliar. Dan pembangunannya akan dilakukan secepatnya, Anang berharap pada peringatan hari Jadi Tabalong di Bulan Desember sudah bisa dimanfaatkan.

PLUT sendiri nantinya digunakan untuk pusat pelatihan dan bimbingan seluruh anggota UKM yang ada di Tabalong. Selain pusat pelatihan juga terdapat galeri sehibgga hasil keradinan dan olahan dari warga bisa dipromisikan.

Hal ini diharapkan dapat menibgkatkan kualitas UMKM yang ada di Tabalong. Pemerinrah daerah akan memberikan dana sharing untuk membantu melengkapi fasilitas yang ada.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muhammad Faisal mengatakan untuk pengelolaannya juga akan didanai oleh pemerintah pusat. Dengan merekrut oeang yang memang berkompeten dibidangnya melalui seleksi.

"Untuk pengelolanya masih ditunjang pemerintah pusat, disalurkan melalui pemerintah privinsi," ujarnya. (AOL/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved