Berita Banjarmasin

Berpura-Pura Jadi Polisi Gadungan Pria Ini Lakukan Penipuan, Akui Kedoknya Setelah Ditangkap Polisi

warganet Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Selasa (14/5/2019) dihebohkan dengan beredarnya sebuah video polisi yang ternyata gadungan.

Berpura-Pura Jadi Polisi Gadungan Pria Ini Lakukan Penipuan, Akui Kedoknya Setelah Ditangkap Polisi
Dari Ditreskrimum Polda Kalsel untuk BPost
Khairul alias Hendra Syaputra, polisi gadungan yang telah diamankan Subdit III Jatanras Polda Kalsel saat menunjukkan atribut Polri palsu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dunia maya terkhusus warganet Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Selasa (14/5/2019)  dihebohkan dengan beredarnya sebuah video polisi yang ternyata gadungan.

Pada video berdurasi 39 detik itu, semula nampak seorang pria yang berpakaian kemeja merah kotak-kotak, sedang memegang KTA disertai lencana Polri yang tergantung di lehernya.

Namun apa yang diperlihatkannya itu rupanya tidaklah sesuai dengan kenyataan. Pria yang bernama Hendra Syaputra SIK tersebut hanya memanfaatkannya untuk melancarkan tindak pidana kejahatan.

Hal itu juga diungkapkan langsung oleh pria bernama asli Khairul tersebut melalui rekaman video yang telah tersebar di grup-grup WhatsApp relawan Kalsel.

Baca: Bangun Terminal Baru, Bupati Anang Syakhfiani Ungkap Tujuannya

Baca: Niat Puasa Ramadhan 1440 H dan Kumpulan Ucapan Selamat Sahur Ibadah Puasa Ramadhan 2019

Baca: Daftar 10 Amalan Sunnah Saat Puasa Ramadhan, Cocok untuk 10 Ramadhan 1440 H

Dalam video itu ia juga mengaku apa yang telah dilakukannya selama ini ternyata salah.

Terlebih dengan mengatasnamakan sebagai Polri atau Kadim Subdit III Ditreskrimum Polda Kalsel, Khairul pun meminta maaf kepada institusi Polri terlebih Polda Kalsel.

Ia juga mengatakan dengan mengatasnamakan sebagai anggota Polri tersebut, semula telah berhasil mengelabui sejumlah korbannya.

Ia melakukan penipuan dan pemalsuan dokumen dengan modus pura-pura menyewa mobil di rental dan kemudian menggadaikannya.

" Saya meminta maaf kepada institusi Polri khususnya Polda Kalsel, karena saya telah mengaku anggota Polri berpangkat Iptu Hendra Syaputra SIK, jabatan Kadim Ditresnarkoba Subdit III Polda Kalsel. Untuk mengelabui korban dalam penipuan dan pemalsuan dokumen. Saya merental mobil mengaku anggota Polri, kemudian mobil tersebut saya gadaikan ke orang lain. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi, " ungkap Khairul.

Meskipun tipu muslihat Khairul tersebut rupanya tak berlangsung lama. Polisi gadungan itu akhirnya berhasil diringkus anggota Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kalsel, Senin (13/5/2019) kemarin.

Direktur Ditreskrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Sofyan Hidayat melalui Kasubdit III Jatanrasnya, AKBP Afebrianto saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Baca: Kenakan Jersey Baru Barito Putera, Gavin Bergaya Bak Model

Baca: Pengemudi Ojek Online Lolos Jadi Anggota Dewan di Pileg 2019, Istri Mimpi Bertemu Jokowi dan Iriana

" Betul untuk pelaku sebelumnya kami amankan di kawasan Gambut. Ia kami tangkap karena telah melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota polisi," jelasnya.

AKBP Afebrianto juga menghimbau kepada masyarakat yang merasa pernah dirugikan oleh pelaku bisa melaporkannya ke Ditreskrimum Polda Kalsel.

" Untuk sementara ini, korban penipuan memang masih ada satu. Tapi jika ada yang juga dirugikan silahkan lapor ke Ditreskrimum Polda Kalsel," himbaunya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved