Serambi Mekkah

Penghuni Panti Tunanetra Fajar Harapan Baca Quran Dua Juz Tiap Malam

Memaknai datangnya bulan suci ramadan berbagai macam kegiatan dilakukan umat islam, salah satu diantaranya tadarus Alquran.

Penghuni Panti Tunanetra Fajar Harapan Baca Quran Dua Juz Tiap Malam
Kominfo banjar
Usai salat Isya dan tarawih berjamaah, para penghuni panti tersebut juga melakukan kegiatan tadarrus Alquran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Memaknai datangnya bulan suci ramadan berbagai macam kegiatan dilakukan umat islam, salah satu diantaranya tadarus Alquran.

Hal ini juga dilakukan oleh penyandang disabilitas di panti sosial tunanetra Fajar Harapan, Martapura Kabupaten Banjar, Senin (13/5/2019) malam.

Aktivitas penghuni panti sosial tunanetra Fajar Harapan pada bulan suci Ramadan tidak berbeda sebagaimana muslim lainnya.

Usai salat Isya dan tarawih berjamaah, para penghuni panti tersebut juga melakukan kegiatan tadarrus Alquran.

Meskipun mengalami keterbatasan, tidak menghalangi para penyandang tuna netra untuk mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan yang bernilai ibadah, bahkan mereka bersemangat dalam melakukan tadarrus Alquran.

Kebanyakan dari penghuni panti sosial tunanetra Fajar Harapan merupakan pelajar SLB –A Negeri 3 Martapura.

Koordinator harian tadarrus Alquran, Muhammad Aminullah mengatakan, kegiatan tadarrus ini berlangsung satu hingga satu setengah jam dan rutin diadakan tiap malamnya.

“Membedakan dengan tadarrus orang kebanyakan adalah Alquran yang digunakan disini adalah Alquran Braille, dengan menggunakan metode rabaan atau disentuh dengan tangan,” ujarnya.

Meskipun tidak semua mampu membaca dengan lancar, namun para penyandang disabilitas tunanetra ini mampu membaca hingga dua juz Alquran tiap malamnya.

Masing-masing bergiliran membaca Alquran, sementara yang lainnya menyimak bacaan sambil sesekali membetulkan bacaan temannya yang keliru.

“Kami berharap dengan semangatnya mereka bisa di bulan mulia ini, mengkhatamkan Alquran pada 25 Ramadhan nanti,” ucap Aminullah.

Selain tadarrus Alquran selama bulan suci Ramadan, panti sosial tunanetra Fajar Harapan juga menggelar beragam kegiatan seperti buka puasa bersama dan salat tarawih berjamaah. (*/AOL)

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved