Idul Fitri 1440 H

Sambut Idul Fitri 1440 H, BI Kucurkan Rp 3,6 Triliun, Ini Jadwal Mobil Keliling Penukaran Uang

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) mempersiapkan dana bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang

Sambut Idul Fitri 1440 H, BI Kucurkan Rp 3,6 Triliun, Ini Jadwal Mobil Keliling Penukaran Uang
Banjarmasinpost.co.id/mariana
Aktivitas penukaran uang di Bank Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) mempersiapkan sejumlah dana bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang.

"Di tahun 2019 ini, menyambut lebaran KPwBI Provinsi Kalsel telah mempersiapkan uang-uang baru sebanyak 3.6 Triliun," jelas Kepala KPwBI Kalsel, Herawanto kepada Banjarmasinpost.co.id.

Uang-uang baru tersebut dapat diperoleh oleh masyarakat melalui bank-bank umum yang memasang spanduk layanan penukaran yang telah didistribusikan oleh Bank Indonesia ke seluruh Kalsel.

Ditambahkannya, terdapat 150 titik loket layanan bank-bank yang akan siap melayani masyarakat Kalsel dalam penukaran uang.

Baca: Pak Hamdan di Amaris Hotel, Solusi Buka Puasa Di Hotel Berbintang

Baca: Jelang Mudik Idul Fitri 1440 H, ASDP Operasikan Tujuh Kapal, Satu Tujuan Baru

Baca: Ini 4 Golongan Orang yang Dirindukan Surga, Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan Diantaranya

"Selain loket bank, BI juga bekerjasama dengan 11 bank melalui kegiatan Kas Keliling Bersama (Kaliber) akan melayani masyarakat di Taman Kamboja, Banjarmasin yang dimulai pada 20-31 Mei 2019," paparnya.

Tidak hanya itu, KPw BI juga akan melakukan jemput bola mendatangi beberapa instansi guna layanan penukaran uang baru menjelang lebaran 2019.

"Untuk waktu layanan di bank umum telah dimulai sejak 8 Mei hingga 31 Mei. Sedangkan untuk kaliber dan instansi dimulai 20 Mei sampai dengan 31 Mei 2019," tukasnya.

Selaku Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Kalsel turut memfasilitasi penukaran uang sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Kabag Pelayanan Nasabah Bank Kalsel Cabang Utama Bank Kalsel, Nelly Puspa Sari mengatakan, pihaknya telah memiliki kas mobil yang umumnya beroperasi di depan Mesjid Jami, pasar dan sekolah-sekolah. Sementara untuk kantor kas, ada di Kantor Kas Pemko, Kas RS Anshari Saleh, dan Pelindo.

"Kami juga turut serta di Kaliber, jadwalnya pada 21 Mei pukul 10.00-13.00 Wita kas mobil 3, 27 Mei pukul 10.00-13.00 Wita kas mobil 2, 31 Mei pukul 09.00-11.00 kas mobil 1," urainya.

Total sebanyak Rp 370 juta digelontorkan untuk penukaran uang baru. Tidak ada syarat khusus bagi masyarakat yang menukar uang. Nasabah maupun masyarakat dapat langsung membawa uang dan menukarkannya sesuai dengan keinginan.

Baca: Jadwal Final Liga Champions Live di RCTI - Liverpool vs Tottenham, The Reds Menang Head to Head

Baca: Mobil KKP Tabrak Jembatan Desa Tampang, Satu Korban Luka Berat

Untuk penukaran di kantor Cabang Utama melayani nasabah non Bank Kalsel atau masyarakat umum setiap Selasa dan Kamis. Penukaran lainnya dapat dilakukan di Kantor Cabang Pembantu dan Unit.

"Minimal penukaran tergantung nasabah, setiap pecahan ditukarkan hingga 100 lembar, mulai Rp 20.000 hingga Rp 2.000 senilai Rp 3.700.000," kata Nelly.

Ditambahkannya, Bank Kalsel menerima penukaran uang sobek dan rusak sesuai dengan ketentuan BI. Namun selama ini pihaknya kerap menemukan uang yang masih layak. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved