Kriminalitas Banjarbaru

Tim Resmob Polres Banjarbaru dan Polres Tapin Bekuk Pelaku Curanmor 11 Lokasi di Banjarbaru

Pelaku berhasil dimakan setelah dilakukan pengejaran pada Minggu, (12/5/2019) di wilayah Binuang Kabupaten Tapin.

Tim Resmob Polres Banjarbaru dan  Polres Tapin Bekuk Pelaku Curanmor 11 Lokasi di Banjarbaru
HO/Humas Polres Banjarbaru
Dua pelaku pencurian dan penadah motor 11 lokasi di Banjarbaru dibekuk Tim Buser Polres Banjarbaru dan Polres Tapin di Binuang Tapin. 

BANJARMASIN POST.CO.ID,BANJARBARU - Tim gabungan dari Resmob Polres Banjarbaru dan Polres Tapin berhasil mengamankan pelaku pencurian sepeda motor yang telah melakukan aksi di 11 lokasi berbeda di Banjarbaru.

Pelaku berhasil dimakan setelah dilakukan pengejaran pada Minggu, (12/5/2019) di wilayah Binuang Kabupaten Tapin.

“Kami mendapatkan informasi bahwa pelaku sedang menggunakan kendaraan roda dua yang diduga hasil curanmor yang terjadi pada10 Mei 2019 dengan jenis Yamaha Vixion ungu sedang berada di daerah Binuang. Kami langsung berangkat menuju ke daerah Binuang," kata Panit 1 Reskrim Polres Banjarbaru IPDA Alhamidie.

Sesampainya dilokasi, pihaknya dengan Resmob Polres Tapin berkoordinasi dan bergerak bersama-sama untuk mencari pelaku dan akhirnya tim gabungan pun berhasil menangkap pelaku atas nama Susilo (36) Warga Binuang Kabupaten Tapin.

Baca: Mau Mudik Lebaran, Ingat, Blokir STNK Jika Ganti Kendaraan agar Lepas Pajak Progresif

Pelaku ditangkap saat sedang mencuci motor tersebut di salah satu tempat pencucian di Binuang. Pelaku juga mengakui bahwa telah melakukan pencurian sepeda motor sebanyak 11 kali di Banjarbaru.

Hasil curiannya dijualnya kepada AF (25) warga Desa Tatakan Kabupaten Tapin dan tim gabungan pun berhasil mengamankan AF beserta sembilan unit kendaraan roda dua dengan berbagai merk.

Kasat Reskrim Polres Banjarbaru AKP Aryansyah mengatakan Satuan Reskrim Polres Banjarbaru berhasil mengamankan pelaku yang mengaku melakukan aksi pencurian di 11 TKP di Kota Banjarbaru.

"Modus aksinya mencuri dengan mencari kelengahan pemilik yang meninggalkan kunci tergantung di sepeda motornya," ujar AKP Aryansyah, Senin, (14/5/2019).

Barang bukti sepeda motor aksi curian dua pelaku  pencurian dan pendah motor yang dibekuk Tim Resmob Polres Banjarbaru dan Polres Tapin.
Barang bukti sepeda motor aksi curian dua pelaku pencurian dan pendah motor yang dibekuk Tim Resmob Polres Banjarbaru dan Polres Tapin. (HO/Humas Polres Banjarbaru)

Dari pelaku dan penadah berhasil diamankan total sembilan unit kendaraan roda dua hasil curian pelaku. Yakni tiga unit Honda Scoopy, dua unit Yamaha MIO, satu unit Honda Supra X 125, satu unit Suzuki Shogun, satu unit Honda vario, dan satu unit Yamaha Vixion.

"Masih ada lagi dua lagi sepeda motor lainnya yang masih dalam pencarian. Tersangka beserta barang bukti kami amankan di Polres Banjarbaru untuk proses penyidikan selanjutnya," ujarnya lagi.

Baca: Jangan Salah Beli, Simak Daftar HP Tak Bisa Lagi Dipakai untuk WhatsApp Mulai Akhir Tahun Ini,

Pengakuan dari tersangka kepada petugas, dirinya melakukan aksi sendiri dan menjual kepada penadah AF .

"Pelaku pencurian terancam Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan ditambah 1/3 lagi dari ancaman penjaranya karena berulang melakukan aksi pencurian," tambhanya.

Sementara untuk penadah terancam pasal 480 KUHP dengan ancaman pidana penjara empat tahun penjara (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved