Berita Banjarmasin

Begini Cara Dinas Pariwisata Kalsel Genjot Pariwisata Berbasis Komunitas di Kalsel

Total ada sebelas Pokdarwis di Kalsel yang menerima bantuan pada penyerahan simbolis dilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata Kalsel, Rabu (15/5/2019)

Begini Cara Dinas Pariwisata Kalsel Genjot Pariwisata Berbasis Komunitas di Kalsel
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Penyerahan secara simbolis bantuan kepada Pokdarwis di Kalsel disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, H Dahnial Kifli 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun memiliki peran lebih dominan pada aspek pembinaan dan komunikator, namun bukan berarti Pemerintah Provinsi Kalsel sama sekali tidak memiliki program pengembangan pariwisata yang langsung menyentuh pariwisata di tingkat Kabupaten/Kota di Kalsel.

Buktinya, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel menyerahkan bantuan berupa material cat atau plang nama dan Sapta Pesona kepada beberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) maupun kawasan wisata di berbagai titik di Kalsel.

Total ada sebelas Pokdarwis di Kalsel yang menerima bantuan pada penyerahan simbolis dilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Rabu (15/5/2019).

Mereka diantaranya Pokdarwis Jembatan Barito, Matang Kelayan, Kampung Bunga, Danau Tamiyang, Komplek Makam Sultan Suriansyah, Komplek Makam Habib Basirih, Kampung Hijau, Kampung Bunga, Kampung Sasirangan, Kampung Biru dan Mawarung Baimbai.

Baca: Pembalap Liar Lari Kehutan Ketika Dikepung Satgas AntiBalapan Liar Polres Banjarbaru Saat Sahur

Bantuan tersebut termasuk dalam program bantuan yang digelar atas kerjasama Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel dengan pihak swasta yaitu PT Wana Tanjung Jaya.

Penyerahan bantuan dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, H Dahnial Kifli dan General Manager PT Wana Tanjung Jaya, Alfonsus kepada masing-masing Perwakilan penerima bantuan.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, H Dahnial Kifli, hal ini merupakan bentuk stimulan bagi para Pokdarwis agar mereka dapat terus serius mengembangkan kawasannya masing-masing sebagai bibit-bibit titik wisata menarik berbasis komunitas di Kalsel.

Dengan bantuan berupa cat berwarna-warni, pihaknya berharap masing-masing konunitas penerima bantuan bisa mempercantik lingkungan sekitarnya dan dengan adanya plang nama dan Sapta Pesona bisa tingkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap menarik sebagai potensi wisata.

H Dahnial juga berharap dengan program seperti ini, makin banyak pula pihak swasta yang bisa bekerjasama dengan Pemerintah untuk bisa tingkatkan potensi pariwisata berbagai titik lokasi di Kalsel.

"Tentunya jika pariwisata semakin besar skalanya akan juga menggerakkan ekonomi dan dunia usaha juga," kata H Dahnial.

Tak hanya melalui pemberian bantuan, Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel juga gencarkan Roadshow Pelatihan Tata Kelola Destinasi se-Kalsel mulai awal Tahun 2019 ini.

Baca: Pengemis Modus Meminta Zakat Bulan Ramadan Mulai Ramai di Banjarbaru, Petugas Gelar Ini

Hal ini dilakukan dengan rutin menggelar Roadshow Pelatihan di hampir seluruh titik Kabupaten/Kota di Kalsel selama empat bulan terakhir.

Dimana rangkaian Roadshow dimulai di Kota Banjarmasin pada Jumat (8/5/2019) hingga terakhir dilaksanakan di Kabupaten Tabalong pada Sabtu (4/5/2019).

Menurut H Dahnial, setiap pelatihan dalam Roadshow dihadiri setidaknya 50 peserta baik dari anggota komunitas Pokdarwis, Aparatur Pedesaan maupun Dinas Pariwisata setempat.

Utamanya, materi terkait Kebijakan Umum Pariwisata Provinsi Kalsel, vitalnya peran Pokdarwis dalam pengelolaan objek daya tarik wisata, tata kelola destinasi pariwisata hingga sosialisasi Geopark Pegunungan Meratus menjadi pokok yang disampaikan dalam Roadshow. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved