Berita Tabalong

Cegah Pohon Tua Tumbang, Dinas Perumahan dan Permukiman Tabalong Rutin Lakukan Pemotongan

Selain melakukan pemeliharaan di area kota, Dinas Perumahan dan Permukiman juga membantu warga yang ingin memotong pohon besar di sekitar rumah

Cegah Pohon Tua Tumbang, Dinas Perumahan dan Permukiman Tabalong Rutin Lakukan Pemotongan
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Petugas Dinas Perumahan dan Permukiman Tabalong melakukan pemotongan pohon di pinggir jalan Kota Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Sekitaran kota Tanjung terdapat banyak pohon besar yang usianya sudah mencapai puluhan tahun, keberadaan pohon ini memang sangat membantu untuk menciptakan suasana yang teduh dan rindang.

Namun keberadaan pohon besar juga bisa beresiko membahayakan jika tidak dilakukan perawatan.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Chazairin mengatakan pohon tua memang memerlukan perawatan dengan mengurangi dahan agar tidak terlalu berat. JIka dahan terlalu berat bisa menyebabkan pohon tumbang karena akar tidak mampu menahan.

“Secara berkala kami berkeliling, karena area yang sangat luas dan pohon besar jumlahnya juga cukup banyak,” ujarnya. Selain diarea taman, pohon besar juga ada di pinggir jalan. Perkim memiliki peralatan lengkap untuk melakukan pemeliharaan, dan portable bisa dibawa hingga ke kecamatan.

Baca: Penjelasan Bawaslu Kalsel Soal Stopnya Proses Laporan Dugaan Politik Uang Kader PPP

Baca: Jalan Alternatif Menuju TPA Banjarbakula Didanai Provinsi, Lahan Disiapkan Pemko Banjarbaru

Chazairin menambahkan selain melakukan pemeliharaan di area kota, pihaknya juga membantu warga yang ingin memotong pohon besar di sekitar rumah. Sampah akan dibuang langsung ke TPA sehingga memudahkan warga karena tidak perlu membakar sisa hasil penebangan pohon.

“Warga yang inginmeminta bantuan untuk memotong pohon juga bisa langsung menghubungi Perkim, pohon titebang secara berkala juga untuk menghindari adanya gangguan lalu lintas dan mengganggu perkabelan,” ujarnya.

Pohon penghijauan dan peneduh di Kota Tanjung
Pohon penghijauan dan peneduh di Kota Tanjung (banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati)

Wandi warga Tanjung mengatakan dirinya pernah meminta bantuan Perkim untuk memotong pohon didepan rumahnya karena dahan pohon sudah mengenai kabel listrik. Jika memotong sendiri khawatir membahayakan.

“Jika mereka memiliki alat agar penebangan pohon lebih aman menggunakan mobil yang tersedia katrolnya, dan tidak membayar hanya menyediakan makanan dan minuman,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved